Bugar

Pahami 3 Manfaat Ectoin untuk Kulit, Lindungi Kulit dari Polusi

Pahami 3 Manfaat Ectoin untuk Kulit, Lindungi Kulit dari Polusi

MOMSMONEY.ID - Menambah pengetahuan tentang kandungan skincare, inilah manfaat kandungan ectoin untuk kulit.

Ectoin adalah sejenis asam amino diproduksi dari mikroorganisme yang hidup di lingkungan ekstrim, seperti lingkungan dengan suhu panas, atau kandungan garam yang tinggi dimana banyak mikroorganisme tidak dapat tumbuh.

Ectoin dikenal dengan manfaatnya melindungi kulit dari polusi. Lebih jelasnya, berikut tiga manfaat ectoin untuk kulit dilansir dari base.co.id

1. Melindungi Kulit dari Polusi

Manfaat pertama ectoin untuk kulit adalah melindungi kulit dari polusi. Kemampuan etcoin untuk melindungi kulit Anda dari segala polusi dan stresor lingkungan, seperti radiasi cahaya matahari, debu, asap kendaraan bermotor, sampai dengan alergen.

Dengan memakai kandungan ectoin dapat mencegah inflamasi kulit dengan cara menghambat sel melepaskan mediator stres.

Selain ectoin, Myromthamnus Leaf Extract juga bisa melindungi kulit Anda dari penuaan akibat polusi juga. 

Baca Juga: 4 Manfaat Calendula Oil untuk Wajah, Atasi Masalah Jerawat

2. Melindungi Kulit dari Photoaging

Manfaat ectoin untuk kulit selanjutnya adalah melindungi kulit dari photoaging. Walaupun berada di rumah, kulit Anda mungkin masih bisa terpapar radiasi matahari, apalagi kalau Anda suka duduk dekat jendela karena radiasi UVA bisa menembus kaca jendela.

Saat kulit terpapar matahari, radiasi UVA bisa memicu kulit untuk memproduksi oksigen reaktif (ROS) dan mediator stres, yang nantinya hal ini dapat menimbulkan inflamasi seperti kemerahan dan iritasi.

Selain itu, jika kulit terus terpapar dengan radiasi UVA tanpa perlindungan, hal ini dapat menyebabkan photoaging atau penuaan kulit dini akibat paparan sinar matahari berlebih.

Ectoin dapat menghentikan produksi oksigen reaktif berlebih dan juga mediator stres yang dipicu oleh radiasi UVA. Sehingga sel terlindungi dari kerusakan, yang berarti kulit terlindungi dari tanda-tanda penuaan.

3. Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Berikutnya, ectoin juga bisa memperbaiki skin barrier yang rusak. Kebiasaan sering menatap layar perangkat elektronik, Blue Light atau High-Energy Visible yang terpancar dari layar perangkat elektronik juga bisa merusak kulit dan skin barrier Anda. 

Paparan radiasi UVA dan juga Blue Light sama-sama memicu kulit untuk memproduksi oksigen reaktif (ROS) berlebih.

Menurut studi dari Photodermatology, photoimmunology & photomedicine, oksigen reaktif (ROS) berlebih membuat sel kulit rusak yang mengganggu skin barrier. Hal ini ditandai dengan tingkat Trans-epidermal Water Loss (TEWL) yang tinggi sehingga kulit kehilangan kelembapan nya.

Ectoin digunakan untuk mengikat molekul air sehingga efektif mengatasi dehidrasi kulit dengan cepat dan mengembalikan hidrasi kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News