Santai

Netflix Gelar Lokakarya Majukan Industri Film Tanah Air

Netflix Gelar Lokakarya Majukan Industri Film Tanah Air

MOMSMONEY.ID - Menyambut Hari Film Nasional pada tanggal 30 Maret, Netflix mengumumkan komitmennya untuk memajukan industri film tanah air. Di sepanjang tahun 2024 Netflix akan mengadakan sejumlah pelatihan bagi lebih dari 250 pelaku industri, salah satunya mengenai produksi film dengan menggandeng Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) sebagai rekan.

Ruben Hattari, Director of Public Policy, SEA, Netflix, menyampaikan sejalan dengan perayaan Hari Film Nasional pada tahun ini, Netflix kembali menegaskan komitmennya untuk membuka jalan bagi film-film Indonesia agar dapat diakses secara global di 190 negara serta meningkatkan kualitas film-film Indonesia dengan berinvestasi pada para pekerja film indonesia.

Netflix melibatkan berbagai nama yang tak asing dalam industri film Indonesia, yaitu aktor dan produser Prilly Latuconsina; sutradara, produser, dan pendiri JAFF Ifa Isfansyah; serta produser Taufan Adryan dari Visinema Pictures.

Netflix dan JAFF melaksanakan lokakarya singkat berjudul "What They Don't Talk About When They Talk About Film Production" dengan topik yang berfokus pada aspek administratif dan legalitas dalam produksi film. Acara yang digelar di Taman Ismail Marzuki, Kamis (27/3) kemarin menarik minat sineas muda untuk menghasilkan karya film terbaru dengan kualitas maksimalnya.

Baca Juga: Serial Queen of Tears Masuk Posisi Teratas di Netflix

Pemilihan topik lokakarya sendiri berangkat pada minimnya diskursus mengenai aspek esensial tersebut dalam kurikulum pendidikan film, yang disinyalir menjadi hambatan bagi para filmmaker muda untuk terjun ke industri.

Diikuti oleh 60 produser dan tim produksi muda, lokakarya ini memfokuskan pembahasan seputar kerja sama dengan pihak ketiga, penggunaan musik dalam film, menyusun rencana keuangan dalam produksi film, aturan hukum dan kontrak, serta lainnya.

Ifa Isfansyah dari JAFF menyampaikan ada empat elemen dalam ekosistem film, yaitu pembuat film, pemerintah, media massa, dan penonton, saat ini memiliki visi yang sama.

"Harapan saya di hari film ini adalah keempat elemen tersebut bisa terus satu visi, karena itu kunci untuk berkembang. Dan dengan adanya Netflix, usia film-film Indonesia akan lebih panjang karena bisa terus bertemu dengan penontonnya," ujar Ifa.

Baca Juga: Ini Film dan Serial Baru Netflix yang Tayang di Bulan April

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News