Keluarga

Musim Sekolah Tiba, Ikuti 5 Cara Agar Anak Tak Jajan Sembarangan Saat di Sekolah

Musim Sekolah Tiba, Ikuti 5 Cara Agar Anak Tak Jajan Sembarangan Saat di Sekolah

MOMSMONEY.ID - Khawatir kesehatan anak kurang terjaga di musim sekolah akibat jajan sembarangan? Moms wajib menyimak cara agar anak tak jajan sembarangan, berikut ini.

Musim sekolah sudah dimulai kembali. Dengan kembalinya anak-anak bersekolah, para pedagang kaki lima pun kini sudah mulai berjamuran menjajakan dagangannya. Alhasil, anak jadi jajan sembarangan.

Ada berbagai risiko dari jajan sembarangan, mulai dari sakit perut, hingga kandungan bahan-bahan berbahaya dalam makanan. Untuk itu, Momsmoney telah membagikan sederet tips cara agar anak tak jajan sembarangan yang dilansir dari Madusari Food, selengkapnya.

Baca Juga: Tak Lagi Hambar dan Pahit, Ini 6 Tips Bikin Sayuran Jadi Masakan Lezat dan Disukai

Beri pengertian

Terkadang anak sulit diberitahu agar tak jajan sembarangan. Maka dari itu, salah satu cara agar anak tak jajan sembarangan saat di sekolah adalah dengan memberinya pengertian.

Jangan hanya sekedar melarangnya, jelaskan juga alasan mengapa anak tak boleh jajan sembarangan. Moms bisa mengedukasi anak mengenai kebersihan makanan yang belum terjamin, hingga tak ada kandungan nutrisi yang mumpuni di dalam jajanan-jajanan tersebut.

Baca Juga: Anak Suka Pilih-Pilih Makanan? Intip 3 Tips Agar Anak Suka Makan Masakan Rumahan

Beri contoh yang baik

Sebelum melarang anak jajan sembarangan, maka orang tua haruslah memberinya contoh teladan. Terapkan pada diri anda sendiri mengenai apa yang Anda larang kepada anak.

Jika anda melarang anak jajan sembarangan, maka Anda pun tak boleh jajan sembarangan.

Untuk mengatasinya, cobalah memasak sendiri agar kebersihan peralatan & bahan makanan terjamin.

Baca Juga: 5 Tips Pilih Wadah Bekal yang Aman untuk si Kecil ke Sekolah

Siapkan bekal

Wajar apabila anak merasa kelaparan saat di sekolahnya. Namun biasanya, anak lebih terbiasa untuk jajan sembarangan.

Cara agar anak tak jajan sembarangan saat di sekolah bisa dilakukan dengan memberinya bekal makanan yang dibawa dari rumah. Siapkan aneka bekal kesukaannya, mulai dari makanan ringan, buah-buahan, hingga makanan berat yang menyehatkan dan didesain dalam bentuk yang lucu-lucu.

Baca Juga: Moms Wajib Simak! Ini 5 Tips Siapkan Bekal Sekolah untuk Anak Agar Tak Membosankan

Biasakan sarapan

Cara agar anak tak jajan sembarangan adalah dengan membuatnya membiasakan sarapan sebelum pergi ke sekolah.

Sarapan penting dilakukan, terutama untuk anak pada usia sekolah. Sarapan di pagi hari dengan menu-menu yang bergizi membantu otak bekerja dengan baik dan menutrisi sehingga lebih mudah untuk menyerap pelajaran di sekolahnya.

Baca Juga: Resep Tahu Gurita yang Lucu, Kreasi Simpel Masakan Penambah Nafsu Makan Anak

Sediakan camilan sehat

Cara agar anak tak jajan sembarangan bisa dilakukan dengan menyediakan camilan sehat yang terbukti higienis & bernutrisi tinggi.

Moms bisa menyediakan beragam camilan seperti telur rebus, stik wortel, hingga sosis goreng yang Moms buat sendiri di rumah.

Sederet cara agar anak tak jajan sembarangan ini bisa Moms terapkan kepada anak agar ia tak jajan sembarangan di sekolahnya, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News