MOMSMONEY.ID - Baru-baru ini, Bank DBS Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai Indonesia Partner Experience of the Year untuk kategori Banking di ajang Asian Experience Awards 2024. Capaian ini dianugerahkan untuk solusi DBS RAPID atau Real Time Application Programming Interface (API) by DBS yang inovatif dan telah sukses mendukung lebih dari 200.000 pengguna.
Penghargaan ini merupakan pengakuan atas keberhasilan solusi DBS RAPID dalam meningkatkan layanan pengiriman uang lintas batas dan memberikan pengalaman digital yang unggul.
Pada awal 2023, Bank DBS Indonesia memulai kolaborasi strategis dengan Topremit untuk merevolusi layanan pengiriman uang lintas negara guna meningkatkan pengalaman perbankan digital nasabah. Kemitraan strategis ini dihadirkan untuk memenuhi permintaan pengiriman uang yang semakin meningkat, dengan menggabungkan kepemimpinan industri Topremit dengan layanan keuangan mutakhir dari Bank DBS Indonesia.
Untuk menciptakan pengalaman pengiriman uang yang efisien tersebut, Bank DBS Indonesia mengimplementasikan API pada tiga fitur Topremit:
- Konversi Valas, yang menyediakan nilai tukar mata uang asing secara real-time, sehingga nasabah dapat mengelola dana mereka dengan lebih efektif
- Telegraphic Transfer, yang memfasilitasi transfer mata uang asing lintas batas yang aman dan cepat sehingga dapat lebih diandalkan
- Pembayaran Domestik yang memudahkan individu dan bisnis yang terlibat dalam transaksi real time
“Merupakan suatu kebanggaan bagi kami untuk menerima penghargaan ini yang menjadi bukti dari komitmen kami untuk bertumbuh bersama nasabah dan mitra ekosistem, termasuk Topremit, melalui berbagai solusi inovatif seperti DBS RAPID," kata Head of Global Transaction Services PT Bank DBS Indonesia Dandy Pandi dalam keterangan tertulis, Senin (11/11).
Baca Juga: Intip 5 Tips Atur Keuangan Bisnis, Keluarga, dan Pribadi dari Bank DBS Indonesia
Melalui layanan ini, Bank DBS Indonesia berkolaborasi dengan Topremit untuk mengidentifikasi tantangan dan mentransformasi tantangan tersebut menjadi peluang guna meningkatkan kualitas layanan bagi nasabah.
"Ke depannya, kami akan terus bekerja sama dengan mitra-mitra terbaik untuk mendorong inklusi keuangan dan memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat Indonesia,” kata Dandy.
Pada bulan Juni 2023, kolaborasi ini mencapai tonggak penting dengan keberhasilan mendapatkan persetujuan Standar Pembayaran API Terbuka Nasional (SNAP), yang diikuti dengan peluncuran layanan langsung pada bulan Juli 2023. Penerapan yang cepat ini menunjukkan kesiapan dan efisiensi infrastruktur digital Bank DBS Indonesia, yang secara efektif mendukung operasional Topremit sejak awal.
Sebagai hasil dari kolaborasi ini, Topremit mengalami peningkatan volume dan nilai transaksi, dengan angka yang meningkat dari 30.000 transaksi dan Rp150 miliar pada paruh kedua tahun 2023 menjadi 70.000 transaksi dan Rp300 miliar pada paruh pertama tahun 2024. Selain itu, dengan integrasi DBS RAPID, transaksi di Topremit menjadi lebih efisien, meningkat sebesar 89,54%.
"Kami merasa sangat terhormat menerima penghargaan ini bersama Bank DBS Indonesia. Kolaborasi ini telah memungkinkan ribuan pengguna untuk mengirim uang ke berbagai negara dengan lebih mudah dan cepat melalui solusi digital yang efisien dan inovatif," kata Co-founder & Chief Executive Officer Topremit Hermanto Wie.
Hermanto mengapresiasi dukungan Bank DBS Indonesia dalam membantu operasi bisnis Topremit sekaligus memperluas skala usaha kami untuk melayani lebih banyak nasabah secara global.
Selanjutnya: Manulife Indonesia Luncurkan Manulife ID untuk Optimalisasi Layanan Asuransi Digital
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News