Bugar

Moms Wajib Tahu, Ini Sederet Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Moms Wajib Tahu, Ini Sederet Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Manfaat jambu biji memang sudah tidak diragukan lagi apalagi untuk ibu hamil. 

Jambu biji sangat aman untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Buah ini kaya akan nutrisi dan senyawa tanaman yang bisa membantu mendukung kehamilan yang sehat.

Banyak nutrisi yang tekandung di dalam jambu biji yang tidak heran lagi jika buah ini menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, khususnya bagi perkembangan janin.

Dilansir dari Pregnant Education dan Mayo Clinic, berikut beragam manfaat jambu biji untuk ibu hamil, antara lain: 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Dampak Kekurangan Vitamin A pada Kehamilan

1. Mencegah cacat lahir bayi

Kandungan vitamin B9 atau asam folat dalam jambu biji menjadikannya sebagai salah satu pilihan makanan sehat bagi ibu hamil muda dan janin yang dikandungnya.

Hal ini karena asam folat berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, dan fungsi DNA, yang akan memengaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin.

2. Menjaga kadar gula darah

Diabetes gestasional juga merupakan salah satu kondisi medis yang umum terjadi selama kehamilan, terutama pada minggu ke-24.

Jambu biji berpotensi untuk mengontrol kadar gula darah karena kandungan seratnya yang tinggi dan karbohidrat kompleks, sehingga bisa mencegah diabetes gestasional.

3. Mengurangi tekanan darah tinggi

Semua ibu hamil berisiko untuk mengalami preeklamsia, yaitu komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi.

Ibu hamil bisa memanfaatkan jambu biji untuk menurunkan risiko terjadinya preeklamsia.

Baca Juga: Ada Telur Mentah, Ini 5 Makanan yang Harus Dihindari saat Hamil

4. Meningkatkan penyerapan zat besi

Selain menjaga imunitas, vitamin C yang terkandung dalam jambu biji dapat meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh ibu hamil.

Zat besi diketahui memiliki peranan yang penting untuk membantu mengalirkan oksigen ke janin.

Perlu Anda ketahui bahwa selama kehamilan, jumlah zat besi yang dibutuhkan bertambah 2 kali lipat. Jika kekurangan zat besi, ibu hamil berisiko mengalami anemia yang bisa membuat ibu hamil merasa pusing, lelah, dan lemah.

5. Mencegah anemia

Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum dari anemia selama kehamilan. Pada anemia defisiensi besi, darah tidak bisa membawa oksigen yang cukup ke jaringan di seluruh tubuh.

Hal ini bisa memengaruhi kesehatan ibu dan bayi. Mengonsumsi jambu biji yang kaya akan vitamin C bisa membantu penyerapan zat besi dalam tubuh, sehingga bisa terhindar dari anemia.

Itulah beberapa manfaat jambu biji untuk kesehatan ibu hamil yang perlu Anda ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News