AturUang

Mengisi BBM Sedikit demi Sedikit di Kendaraan Anda, Benarkah Bisa Lebih Hemat?

Mengisi BBM Sedikit demi Sedikit di Kendaraan Anda, Benarkah Bisa Lebih Hemat?

MOMSMONEY.ID -  Beli banyak atau sedikit dalam membeli bahan bakar minyak atau BBM sebenarnya  bergantung dari pemakaian sehari-hari.

Tak sedikit orang yang membeli BBM hanya dalam jumlah sedikit. Niatnya biar lebih hemat, tetapi hemat tidaknya tergantung dari perjalanan yang ditempuh. 

Apalagi BBM non subsidi ini harganya fluktuatif. Meski kenaikannya tidak banyak, tetap saja harus diantisipasi selisih harganya. 

Agustina Fitria, perencana keuangan Oneshildt mengatakan apabila kendaraan hanya untuk mengantar anak sekolah, atau sekitar rumah saja, Anda lebih baik membeli BBM seperlunya saja, tidak usah memenuhi tangki.  

Baca Juga: Naik Lagi! Ini Harga BBM Terbaru di SPBU Shell dan BP Agustus 2023

Akan tetapi jika ternyata Anda menggunakan kendaraan tersebut untuk kerja dengan jaraknya relatif jauh, maka sebaiknya memang diisi dalam jumlah banyak agar tak mondar-mandi ke SPBU. 

Lebih lanjut Fitria bilang cara   mengisi bahan bakar sedikit-sedikit bisa diterapkan untuk mobil yang digunakan oleh anak. Misalnya saja untuk pergi kuliah anak diberi fasilitas mobil pribadi. 

"Agar anak tidak boros dan tidak pergi-pergi di luar urusan kuliahnya, maka untuk alasan ini bisa isi bensin sedikit. Dengan begitu, anak lebih disiplin dalam penggunaan kendaraannya," kata Fitria.

Baca Juga: Begini Cara Menekan 3 Pos Pengeluaran Rutin Jika Memiliki Mobil

Menurut Rizqi Syam, perencana keuangan Finansialku, membeli bensin sedikit demi sedikit, tidak berbeda jika dibandingkan dengan membeli secara banyak.  
"Dengan catatan, kondisi ini sudah sesuai dengan budget bulanan,"  ujar Rizqi. 

Hanya saja, Rizqi mengingatkan   mengisi BBM sedikit demi sedikit akan membahayakan diri kita sendiri karena tidak adanya kelonggaran dalam kebutuhan sehari-hari. 

Jadi, Rizqi menyarankan sebaiknya Anda harus melakukan audit keuangan diri sendiri, agar mengetahui batas maksimal kebutuhan BBM atau listrik secara bulanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News