BisnisYuk

MediaTek Fokus pada AI untuk Meningkatkan Target Pasar

MediaTek Fokus pada AI untuk Meningkatkan Target Pasar

MOMSMONEY.ID -  Artificial Intelligence (AI) semakin ramai diterapkan dalam berbagai aspek digital. Perusahaan semikonduktor global, Mediatek juga fokus menciptakan produk yang dapat bersinergi optimal dengan AI. 

Kamis (27/6), dalam konferensi pers, MediaTek mengatakan teknologi AI menjadi peluang penting bagi pertumbuhan target pasar perusahaan yang memproduksi cip komputer ini. Sebab perangkat teknologi yang menggunakan cip dari MediaTek juga menerapkan teknologi AI. Perangkat tersebut diantaranya telepon pintar, kendaraan, pusat data, chromebooks, televisi intar dan perangkat Internet of Things (IoT). 

MediaTek juga menyadari potensi AI sangat besa dalam mendorong inovasi dan efisiensi di berbagai aplikasi. "Seiring dengan terus berkembangnya teknologi AI, MediaTek juga terus bertujuan jadi yang terdepan memanfaatkan keahliannya dalam mengembangkan solusi yang dibutuhkan konsumen dan industri," kata Finbarr Moynihan, Vice President bagian Coorporate Marketing dari MediaTek.

Salah satu usaha MediaTek untuk bersama-sama mendorong inovasi AI dalam target pasarnya adalah memperluas ekosistem dengan dukungan dari Baidu dan LLama. "Kerjasama tersebut untuk memberdayakan Gen-AI dalam perangkat dengan fitur-fitur real time seperti penghapusan objek dan pembuatan gambar," kata Finbarr. 

Selain itu, Finbarr mengatakan MediaTek turut mendapat posisi strategis sebagai pendorong pertumbuhan teknologi AI Generatif di banyak aplikasi, platform, dan gadget. 

MediaTek juga berfokus pada pusat data cloud dan melihat implementasi teknologi AI dalam infrastruktur cloud dan pusat data sangatlah penting. "Ada peluang besar bagi MediaTek di era penerapan AI," kata Finbarr. 

Baca Juga: Tips Membeli Chromebook untuk Pelajar Tahun 2024, Cocok Jadi Hadiah Kenaikan Kelas

Sekedar informasi MediaTek saat ini menduduki posisi teratas di pasar prosesor ponsel pintar dan menguasai hampir 64% pangsa pasar. Dengan penetrasi generatif AI di ponsel pintar yang akan terus meningkat, maka pasar MediaTek pada segmen ponsel pintar juga akan meningkat. 

MediaTek megutip riset yang berjudul The Move to the Egde-What Drives This Next Leg of Gen-AI Growth, bahwa hingga 2023 pasar ponsel pintar yang memiliki teknologi AI di dalamnya baru 0,4% atau kurang dari 5 juta unit dan hanya terdapat pada ponsel pintar flagship

Namun, di 2027 penetrasi teknologi AI di ponsel pintar diproyeksikan meningkat jadi 46% dengan lebih dari 583,2 juta unit dan tersedia di ponsel pintar dari harga yang murah dan mahal. 

Head of Public Relations Oppo Indonesia, Arga Simanjuntak mengatakan keunggulan cip MediaTek pada ponsel pintar adalah dapat membuat ponsel pintar tidak cepat panas dan dapat menjaga umur baterai ponsel lebih lama. Oleh sebab itu, sudah banyak produk Oppo yang menggunakan cip dari MediaTek. 

Salah satunya, ponsel Oppo Reno 11Pro menggunakan cip MediaTek Dimensity 8200 ada juga Oppo Find N3 Flip yang menggunakan cip MediaTek Dimensity 9200. 

Selanjutnya: Traveloka Hadirkan Petualangan Disney Tahun Depan, Penasaran?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News