Keluarga

Mau Awet Muda? Ini 4 Kebiasaan Sarapan untuk Menunda Tanda-Tanda Penuaan

Mau Awet Muda? Ini 4 Kebiasaan Sarapan untuk Menunda Tanda-Tanda Penuaan

MOMSMONEY.ID - Ada 4 kebiasaan sarapan untuk menunda tanda-tanda penuaan. Cari tahu selengkapnya di bawah ini.

Banyak dari kita tentu ingin senantiasa terlihat muda. Kendati penuaan merupakan bagian dari kehidupan yang mutlak, namun ada beragam cara yang dapat kita coba untuk membantu memperlambat prosesnya. Salah satunya yang paling sederhana yaitu dengan menerapkan kebiasaan sarapan yang sehat.

Dilansir dari laman Eat This, Not That!, para ahli diet menguraikan beberapa kebiasaan sarapan untuk menunda tanda-tanda penuaan.

Selengkapnya, berikut 4 kebiasaan sarapan untuk menunda tanda-tanda penuaan menurut ahli diet yang terbilang sederhana untuk dipraktikkan.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Kerutan Wajah Pada Saat Tidur, Hindari Posisi Tidur Tengkurap!

1. Jangan melewatkan sarapan

Salad

Kebiasaan sarapan untuk menunda tanda-tanda penuaan yang pertama yaitu tidak melewatkan sarapan itu sendiri.

Sering kali, sarapan lebih penting daripada apa yang Anda makan untuk sarapan. Sebuah studi menunjukkan bahwa makan di awal hari dapat membantu meningkatkan kardiometabolisme.

Itu artinya, sarapan akan membantu Anda memiliki jantung yang lebih sehat, mencegah diabetes dan penyakit kardiovaskular, dan bahkan menurunkan berat badan. Semakin baik kondisi tubuh Anda, maka semakin awet muda pula Anda.

2. Makan stroberi

Makan stroberi

Kebiasaan sarapan untuk menunda tanda-tanda penuaan yang kedua yaitu makan stroberi. Stroberi memiliki kemampuan anti-aging berkat kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya yang mendukung perkembangan kesehatan kulit dan tulang.

Vitamin C dalam stroberi mampu membantu mendorong pembentukan kolagen yang penting untuk menjaga kulit tetap kencang.

Selain menawarkan rasa manis alami yang berpotensi meminimalkan keinginan untuk makan lebih banyak gula saat sarapan, stroberi juga menyediakan potassium yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Plus, stroberi merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Manfaat Teh Chamomile untuk Kecantikan yang Perlu Anda Tahu Moms

3. Ganti karbohidrat dengan protein

Telur Rebus

Kebiasaan sarapan untuk menunda tanda-tanda penuaan yang ketiga yaitu mengganti karbohidrat dengan protein.

Meningkatkan jumlah protein dalam sarapan dapat memberikan manfaat anti-aging yang signifikan, terutama dalam hal kemampuan kognitif.

Dengan makan lebih banyak makanan berprotein seperti telur, keju, dan yogurt serta lebih sedikit karbohidrat saat sarapan, itu bisa menjaga pikiran Anda tetap muda. Studi menunjukkan bahwa mengganti 5% karbohidrat dengan protein mampu membantu mencegah penurunan kognitif. Efek yang sama pun dapat terlihat saat Anda mengonsumsi protein nabati seperti keju vegan, tahu, atau kacang-kacangan.

4. Memasukkan kacang almond ke dalam menu sarapan

Kacang almond

Kebiasaan sarapan untuk menunda tanda-tanda penuaan yang keempat yaitu memasukkan kacang almond ke dalam menu sarapan.

Jika Anda ingin mempertahankan kemudaan sembari memperlambat efek penuaan pada tubuh, segera masukkan kacang almond ke dalam menu sarapan Anda.

Sarat protein, kacang almond telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol LDL alias kolesterol jahat sekaligus menyediakan lemak untuk mendukung kesehatan jantung. Tak sampai di situ, kacang almond juga merupakan sumber kalsium dan serat yang baik untuk menjaga tulang tetap kuat seiring bertambahnya usia, mencegah sembelit, dan memberikan bakteri baik pada usus.

Itulah 4 kebiasaan sarapan untuk menunda tanda-tanda penuaan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa diterapkan ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News