Santai

Masalah Ketombe Tak Kunjung Selesai? Coba Gunakan 4 Cara Ini ya

Masalah Ketombe Tak Kunjung Selesai? Coba Gunakan 4 Cara Ini ya

MOMSMONEY.ID - Punya masalah ketombe yang tak kunjung selesai? Coba lakukan beberapa cara mudah untuk hilangkan ketombe berikut ini saja.

Ketombe adalah permasalahan kulit kepala yang kerap menjadi gangguan karena memberikan sensasi gatal.

Biasanya, ketombe muncul pada orang dewasa karena banyak hal. Penyebab umumnya adalah tidak terjaganya kondisi kebersihan dan kesehatan kulit kepala.

Tak perlu khawatir, beberapa cara berikut bisa Anda ikuti untuk membantu mengurangi ketombe pada kulit kepala:

Baca Juga: 4 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Paling Ampuh, Wajib Coba!

Gunakan perawatan rumahan

Treatment rumahan yang bisa dibuat sendiri dan mudah digunakan juga bisa membantu untuk menghilangkan ketombe secara alami. Bahan-bahan alami yang ada di rumah dapat digunakan sebagai bahan penghilang ketombe alami.

Seperti baking soda, cuka apel, minyak kelapa, minyak zaitun, sari lemon, dan lidah buaya dapat digunakan sebagai treatment alami yang bisa membantu mengatasi ketombe. Caranya, hanya dengan menggosokkan bahan tersebut pada kulit kepala sebelum keramas.

Gunakan perawatan anti ketombe

Cara paling manjur yang bisa digunakan untuk mengatasi ketombe adalah dengan menggunakan produk perawatan anti ketombe sebagai treatment-nya.

Mengutip Health Line, The American Academy of Dermatology Association menyarankan, agar memperhatikan instruksi dan juga jenis perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit saat melakukan perawatan anti ketombe.

Hal tersebut penting untuk diperhatikan agar tidak membuat ketombe makin parah.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Memutihkan Selangkangan Hitam Secara Alami dan Aman

Gunakan produk anti-bakteri

Memilih produk perawatan yang mengandung bahan anti bakteri dan anti jamur bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala.

Bahan bahan seperti salicylic acid, zinc, dan tea tree adalah tiga bahan anti bakteri dan anti jamur yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe.

Pilihlah produk perawatan rambut dan kulit kepala yang mengandung bahan tersebut, gunakan secara rutin untuk membantu menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

Gunakan produk yang mengandung ketoconazole

Menurut laman Medical News Today, gunakan juga produk sampo anti ketombe yang mengandung bahan ketoconazole. Bahan ini merupakan bahan aktif yang membantu mengatasi ketombe secara efektif.

Ketoconazole juga merupakan bahan aktif penghilang ketombe yang aman digunakan bagi semua umur. Sehingga dari anak kecil hingga orang dewasa bisa menggunakan sampo atau treatment lainnya yang berbahan ketoconazole untuk mengatasi ketombe.

Gimana, tertarik coba? Itulah beberapa cara mudah membasmi dan mengatasi masalah ketombe yang bisa dicoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News