Santai

Marak Penipuan Online, Begini Cara Menghindarinya ala Kredivo

Marak Penipuan Online, Begini Cara Menghindarinya ala Kredivo

MOMSMONEY.ID -Saat ini banyak sekali kasus penipuan yang dilakukan secara online. Lalu bagaimana cara menghindarinya? 

Kasus penipuan online kini hadir dalam berbagai ragam. Mulai dari telepon hingga pesan menawarkan hadian dan lowongan pekerjaan menarik dengan gaji yang tinggi. Mengirimkan link yang mirip dengan undangan atau aplikasi penting hingga telepon darurat seperti sanak saudara yang kecelakaan. 

Baca Juga: 5 Jenis Vitamin yang Bermanfaat untuk Merawat Kecantikan Kulit, Apa Saja? 

Nah tak banyak orang yang bisa menghadapi situasi ini dengan tenang. Masih banyak korban yang panik atau merasa terlalu gembira hingga percaya dan terjebak. Maka dari itu Kredivo membagikan tips bagaimana cara menghindari kasus penipuan online.

Begini cara menghindari kasus penipuan secara online ala Kredivo

Jangan bilang-bilang

Kasus penipuan online biasanya meminta Anda memberikan kode PIN perbankan dan kode OTP yang dikirim ke nomor Anda. Jika ada pihak mencurigakan menanyakan kedua hal tersebut, jangan pernah berikan kepada mereka.

Jangan disebarin

Salah satu penyebab nomor Anda bisa jadi sasaran empuk para penipu adalah adanya kebocoran data. Nah untuk mengindari penipuan online ini, jangan lagi sebar data pribadi Anda. 

Jangan sebar email, username akun-akun penting Anda dan nomor KTP. Jika penipu memiliki akses terbatas pada data diri Anda, maka Moms bisa selamat dari penipuan online. 

Jangan dipencet

Beberapa hal yang ada di HP Anda tidak perlu diklik atau dipencet. Yap! Saat ini kasus penipuan online marak dengan menggunakan link. 

Link ini biasanya diberi embel-embel undangan, aplikasi atau formulir yang perlu diisi. Jangan pernah klik link yang dikirim oleh nomor yang tidak Anda kenal. Link ini bisa membobol data yang ada di ponsel Anda lo!

Jangan percaya

Untuk menghindari penipuan online yang terakhir, jangan percaya tawaran yang ada di luar aplikasi resmi. Semenarik apapun itu, tawaran tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan. Sebaiknya periksa kembali tawaran di situs resmi perusahaan untuk memastikan. 

Demikian cara menghindari kasus penipuan online yang sedang marak ala Kredivo. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News