Keluarga

Manfaat Menyiram Tanaman Hias dengan Air Hujan, Kaya Nutrisi dan Bebas Racun

Manfaat Menyiram Tanaman Hias dengan Air Hujan, Kaya Nutrisi dan Bebas Racun

MOMSMONEY.ID - Saat musim hujan, pecinta tanaman hias memiliki ide untuk menyiram tanaman hias dengan air hujan. Bisakah kita menyiram tanaman hias dengan air hujan?

Ya, tentu saja bisa menyiram tanaman hias dengan air hujan. Ada manfaat menyiram tanaman hias dengan air hujan. 

Manfaat menyiram tanaman hias dengan air hujan salah satunya yaitu memberikan nutrisi kepada tanaman. 

Anda dapat menyiram tanaman hias dengan air hujan yang bersih dan alami. 

Baca Juga: Air Hujan Bermanfaat untuk Tanaman Hias agar Tidak Layu, Begini Caranya

Mengutip The Indoor Nursery, berikut manfaat menyiram tanaman hias dengan air hujan:

1. Air hujan kaya nutrisi

tanaman hias

Meskipun air keran umumnya baik untuk digunakan pada tanaman hias, mereka sebenarnya lebih menyukai air hujan. 

Mengapa? Ya, air hujan penuh dengan unsur hara mikro dan makro pemberi kehidupan yang membantu pertumbuhan, perkembangan meristem (“ujung pertumbuhan” tunas dan akar), dan kesehatan tanaman secara keseluruhan.

Secara khusus, air hujan mengandung nitrat yang tinggi, suatu unsur hara makro penting yang ditangkap dari atmosfer melalui hujan dan dikirim ke tanaman melalui tanah tempat tanaman berada. 

Apa itu nitrat? Ya, ini adalah bentuk nitrogen yang paling tersedia secara hayati, campuran kimia antara nitrogen dan oksigen, dan salah satu nutrisi utama yang dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhan. 

Air hujan lebih disukai untuk kesehatan tanaman dibandingkan air keran, ditemukan bahwa air hujan optimal untuk berbagai metrik yang berbeda. 

Tanaman (dalam hal ini selada) yang ditanam di air hujan menunjukkan kandungan unsur hara lebih tinggi, pertumbuhan tanaman lebih baik, dan aktivitas akar dan tunas meningkat. 

Baca Juga: Sama-Sama Kaya Nutrisi, Ubi atau Kentang yang Lebih Kaya Manfaat?

2. Hidrasi bersih dan bebas racun

Alasan besar lainnya mengapa air hujan sangat baik dibandingkan dengan air keran adalah karena air keran sering kali tercemar dengan bahan kimia berbahaya logam berat, kontaminan berbahaya seperti mikroplastik, dan bahkan jejak herbisida seperti glifosat.

Bahan kimia lain yang sering ditemukan pada air keran adalah klorin dan fluorida.

3. Membersihkan pemupukan mineral dan garam

Garam seperti magnesium atau mineral seperti kalsium juga sering ditemukan pada air keran. 

Faktanya, natrium sering ditambahkan ke air keran untuk melunakkan mineral yang sering kali mengeras dan menyumbat pipa air. Anda akan tahu persis seperti apa mineral ini jika Anda menanam tanaman di pot terakota.

Setelah tanaman ditempatkan di dalam pot terakota selama jangka waktu tertentu, kalsium dan mineral lain yang meresap melalui permukaan berpori terakota sering terlihat terkumpul di bagian luar pot.

Jika berlebihan, mineral seperti ini justru dapat merusak jaringan tanaman. Pada tanaman, seperti halnya pot, terkadang Anda akan melihatnya sebagai endapan putih yang terkadang terlihat pada daun tanaman. 

Dan air hujan adalah penangkal sempurna terhadap penumpukan mineral dan garam. Alasan bagus lainnya untuk sesekali memaparkan tanaman dalam ruangan Anda ke sedikit air hujan bersih.

Baca Juga: 6 Manfaat Daging Kepiting yang Kaya Nutrisi, Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung

4. Bersihkan debu dan kotoran yang menumpuk

Baik itu kotoran, serpihan, garam mineral, atau sekadar kotoran tua, daun tanaman perlu dibersihkan sesekali. Tanpa pembersihan yang baik, proses metabolisme tanaman, seperti fotosintesis, dapat terpengaruh. 

Jika hal ini terjadi, hal ini berpotensi memperlambat pertumbuhan tanaman, meningkatkan kemungkinan terserang penyakit dan virus, dan hal ini sungguh tidak terlihat bagus.

Meskipun menyenangkan untuk mengambil botol semprot dan kain mikrofiber untuk menggosok tanaman hingga bersih, hal ini tidak selalu praktis dan efisien waktu. 

Di situlah hujan memberi kita kesempatan untuk bekerja keras memanfaatkan dan membersihkan daun-daun tanaman, sehingga tampak segar, sehat, dan bahagia.

5. Memaksimalkan fotosintesis

Air memengaruhi tanaman laju fotosintesis, proses metabolisme penting yang dibutuhkan semua tanaman untuk kelangsungan hidupnya. 

Hal ini karena fotosintesis menghasilkan makanan nabati dalam bentuk gula, dan juga mengatur pertukaran gas, cara tanaman menghirup dan menghembuskan napas. Tanpanya, sel-sel tanaman akan rusak, gagal tumbuh, dan akhirnya kekurangan nutrisi penting.

Jadi, itulah beberapa manfaat menyiram tanaman hias dengan air hujan. Anda tak perlu khawatir, karena air hujan juga memiliki manfaat untuk tanaman hias secara alami. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News