Santai

Lebaran di Solo, Jokowi Tak Gelar Open House Idul Fitri

Lebaran di Solo, Jokowi Tak Gelar Open House Idul Fitri

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan, Presiden Joko Widodo tidak menggelar halal bihalal khusus (open house) Idul Fitri 1444 Hijriah. 

Sebagaimana diketahui pada kali ini, Kepala Negara berada di Solo, Jawa Tengah. "Enggak ada (open house). Tapi saya enggak tahu ada tamu atau enggak," ujar Bey saat dikonfirmasi pada Kamis (20/4/2023). 

"Maksudnya pada prinsipnya Presiden sudah meminta jajaran untuk berlebaran dengan keluarga. Mau di Jakarta mau di kampung halaman silahkan," jelasnya.

Bey menuturkan, karena sudah memutuskan tidak ada open house, Presiden Jokowi meminta agar para tamu tak perlu bertandang menemuinya di hari Lebaran. Sebab masih ada hari-hari lainnya untuk bersilaturahmi. 

"Ya Presiden sudah meminta agar lebaran kali ini dimanfaatkan untuk kumpul dengan keluarga atau yang mau mudik silakan, karena sudah tidak ada PPKM. Jadi tidak menjadi keharusan bertemu presiden di hari Lebaran," tutur Bey. 

"Presiden juga mengerti, menteri punya keluarga, punya saudara yang sudah lama enggak ketemu. Tiga Lebaran kemarin kan PPKM, masih ada pembatasan pergerakan masyarakat. Sekarang kan sudah tidak PPKM," paparnya.

Bey juga mengungkapkan, Presiden tidak memberikan surat edaran untuk pelaksanaan open house. Sementara itu untuk shalat Idul Fitri, Presiden Jokowi akan melakukannya di Solo. 

Namun, untuk kepastian jam dan lokasi shalat belum disampaikan hingga saat ini. "Untuk detailnya akan diinfokan malam Lebaran ya," tambah Bey.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lebaran di Solo, Jokowi Tak Gelar Open House Idul Fitri"

Penulis : Dian Erika Nugraheny
Editor : Diamanty Meiliana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News