Santai

Lapar Terus Padahal Habis Makan? Kenali 5 Penyebab Lapar Ini

Lapar Terus Padahal Habis Makan? Kenali 5 Penyebab Lapar Ini

MOMSMONEY.ID - Sering merasa lapar padahal baru saja makan? Berikut ini alasan mengapa Anda selalu mudah merasa lapar.

Kebanyakan orang makan dengan porsi normal dan memiliki jeda beberapa jam untuk mulai makan lagi. Namun, hal tersebut tak berlaku pada semua orang.

Ada beberapa orang yang dapat dengan mudah merasa lapar bahkan setelah beberapa menit selesai makan.

Apakah yang menjadi penyebab seseorang jadi mudah merasa lapar? Berikut penjelasannya:

Baca Juga: Cara Cek Pengumuman dan Download Sertifikat UTBK SNBT 2023, Keluar Hari Ini (20/6)

Kurang protein

Tahukah Anda bahwa protein merupakan zat penting yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur nafsu makan? Protein bisa membantu mengontrol nafsu makan dengan mengatur hormon lapar dalam tubuh.

Maka dari itu, tubuh akan lebih mudah merasa lapar jika konsumsi protein harian tidak dikonsumsi dengan tercukupi.

Protein terkandung dalam produk hewani seperti daging, ikan, dan telur. Serta, ada juga pada produk nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan gandum utuh.

Terlalu banyak karbo

Produk karbohidrat yang melalui proses pengolahan di pabrik utamanya, telah melalui banyak proses yang membuatnya kehilangan vitamin, serat, dan mineral.

Melansir dari laman Health Line, karbohidrat kurang memiliki kandungan serat dan menjadi penyebab gula darah berfluktuasi.

Tubuh juga lebih mudah menyerap sumber makanan tersebut dalam waktu cepat. Kondisi tersebutlah yang kemudian membuat seseorang mudah merasa lapar.

Baca Juga: Jangan Sampai Keliru, Ini Beda Physical dan Emotional Hunger

Kurang tidur

Kondisi tubuh yang lelah dan terlalu capek pun juga bisa membuat seseorang jadi mudah merasa lapar. Apalagi, jika tubuh berada dalam situasi kurang tidur.

Sebab tidur sendiri bisa membantu meregulasikan ghrelin yang memiliki fungsi untuk menstimulasi hormon lapar di tubuh. Saat tubuh kurang tidur maka produksi ghrelin meningkat dan alhasil tubuh akan mudah merasa lapar.

Kurang serat dan lemak

Tubuh yang mengonsumsi serat dan lemak dalam jumlah sedikit juga rentan menjadi mudah lapar. Mengutip dari laman Cleveland Clinic, kurangnya konsumsi lemak sehat dan serat bisa memicu seseorang jadi mudah lapar.

Lemak sehat tetap dibutuhkan oleh tubuh guna menyeimbangkan nafsu makan. Sedangkan serat dibutuhkan tubuh sebab makanan tersebut membutuhkan waktu lama untuk dicerna dan membuat seseorang jadi merasa kenyang lebih lama.

Stres berlebihan

Penyebab lain dari seseorang yang mudah merasa lapar adalah karena berada pada situasi stres atau tertekan. Banyak orang yang melampiaskan rasa stres dengan mengonsumsi makanan untuk meredakan tekanan.

Meningkatnya kortisol dalam tubuh karena stres bisa memicu tingginya keinginan untuk makan dan meningkatnya nafsu makan saat stres. Maka dari itu, kerap kali kondisi stres berlebih bisa membuat seseorang jadi mudah merasa lapar.

Nah, itulah tadi penyebab mengapa Anda jadi mudah merasa lapar. Kenali beberapa penyebabnya, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News