Santai

Konsumsi Telur Bisa Turunkan Kolesterol? Ini Manfaat Telur Bagi Kesehatan

Konsumsi Telur Bisa Turunkan Kolesterol? Ini Manfaat Telur Bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Bisa bantu meningkatkan kadar kolesterol baik, tengok beberapa manfaat mengkonsumsi telur berikut ini.

Telur merupakan jenis protein yang paling mudah ditemui dan dikonsumsi.

Telur mengandung banyak nutrisi seperti protein, fosfor, vitamin B12, selenium, dan juga anti oksidan.

Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung tersebut menjadikan telur sebagai makanan yang penuh manfaat. Bagi yang penasaran, cari tahu manfaat telur berikut ini:

Baca Juga: Selain Bantu Turunkan Berat Badan, Ini 6 Manfaat Matcha bagi Kesehatan

Meningkatkan daya kerja otak

Telur adalah makanan yang juga mengandung tinggi vitamin D. Kandungan choline dalam telur bisa membantu menjaga kesehatan saraf pada otak.

Selain itu, choline juga penting bagi ibu hamil dan menyusui, lantaran kandungan tersebut memiliki peran penting bagi perkembangan otak.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Melansir dari laman Web MD, hampir semua orang yang rutin mengonsumsi telur memiliki risiko rendah untuk terserang penyakit jantung.

Dalam penelitian di China, orang yang mengonsumsi satu telur dalam satu hari, 20% akan terhindar dari risiko penyakit jantung dibanding yang tidak mengonsumsinya.

Menjaga kesehatan mata

Manfaat lain dari mengonsumsi telur adalah bisa membantu menjaga kesehatan mata. Adalah anti oksidan lutein dan zeaxanthin, yang merupakan dua jenis anti oksidan baik untuk membantu menjaga kesehatan mata.

Laman Health Line menjelaskan, nutrisi tersebut juga bisa membantu untuk mengurangi risiko terserang penyakit katarak. Dua kandungan anti oksidan tersebut berada paling banyak pada bagian kuning telur.

Baca Juga: Sering Luput dari Perhatian, Ini 5 Jenis Premarital Check Up bagi Calon Manten

Membantu diet

Telur adalah jenis bahan makanan yang hampir selalu digunakan dalam menu diet. Sebab, telur merupakan makanan dengan tinggi protein.

Telur merupakan makanan yang mengenyangkan dan bisa membantu mengurangi jumlah asupan kalori harian. Rutin mengonsumsi telur bisa membantu mengurangi berat badan.

Meningkatkan kolesterol baik

HDL adalah jenis kolesterol baik yang jumlahnya bisa meningkat jika mengkonsumsi telur dengan rutin. Namun perlu diperhatikan, kolesterol jahat atau LDL juga bisa meningkat.

Hanya, jika jumlah kolesterol baik lebih banyak, maka kolesterol jahat akan lebih sulit untuk menyerang tubuh.

Jika sudah tahu manfaat telur, jangan lupa untuk mulai menyiapkan telur sebagai menu makanan sehari-hari, ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News