Keluarga

Ketahui Perbedaan Air Purifier dan Dehumidifier

Ketahui Perbedaan Air Purifier dan Dehumidifier

MOMSMONEY.ID - Sama-sama untuk mengatasi permasalahan udara yang kotor, ternyata ada perbedaan antara air purifier dan dehumifidier yang perlu Moms ketahui lo!

Saat udara kian kotor dan penuh debu, biasanya kita akan mencari dua alat ini. Namun sebelum memutuskan untuk membeli ada baiknya untuk mengetahui perbedaan air purifier dan dehumidifier.

Baca Juga: Cara Menggunakan Dua Akun WhatsApp dalam Satu Ponsel Tanpa Kloning Aplikasi

Melansir berbagai sumber, air purifier adalah alat untuk menjernihkan udara dengan cara menghisap partikel debu, asap, bulu binatang dan bau yang tidak diinginkan. Setelah disaring, udara kembali dihembuskan ke dalam ruangan sehingga udara di dalam ruangan jadi lebih bersih.

Sementara itu, dehumidifier adalah alat untuk mengurangi kelembapan udara. Alat ini akan menyedot uap air yang ada di udara. Dehumidifier berfungsi lebih maksimal di negara tropis seperti Indonesia. 

Lalu apa perbedaan air purifier dan dehumidifier?

Cara kerja air purifier vs dehumidifier

Baca Juga: Cara Blokir Status WhatsApp Orang Lain Tanpa Harus Hapus Nomornya

Air purifier

Alat ini mengatur sirkluasi udara yang ada di dalam ruangan. Mesin ini memiliki filter yang akan menyaring debu dan partikel lain yang ada di udara. 

Air purifier akan menarik udara di ruangan dan menyalurkan udara untuk disaring. Setelah udara bebas polutan dan jernih maka udara akan dilepaskan kembali ke ruangan. 

Dehumidifier

Alat ini bermanfaat untuk menjaga kelembapan udra di batas normal. Dehumidifer akan menarik air yang terkandung di udara. Jika air sudah terkumpul, maka Anda harus membuangnya agar mesin dapat bekerja secara maksimal.

Baca Juga: Cosphar Siap Memperluas Jangkauan Pasar

Ukuran dan kapasitas air purifier vs dehumidifier

Air purifier

Alat ini bisa bekerja maksimal di kamar tidur. Namun sebenarnya setiap jenis ai rpurifier memiliki kapasitas atau area jangkauan yang berbeda. Ada yang mulai dari 10 meter persegi hingga ruangan yang luas.

Dehumidifer

Ukuran dehumisifier bisa dilihat dari kapasitas penampungan airnya. Ada yang mulai dari 10 liter hingga paling besar 50 liter. Untuk dehumidifier berkapasitas 10 liter bisa untuk ruangan berukuran 6-12  meter persegi.

Itu tadi perbedaan antara air purifier dan dehumidifier. Perbedaan utamanya terletak pada cara kerja dan kapasitas kerja kedua alat tersebut. 

Apabila Anda membutuhkan alat yang bisa membersihkan udara dari polusi maka pilih air purifier. Namun jika Anda memiliki masalah ruangan yang lembab dan berjamur atau untuk mengeringkan pakaian di dalam ruangan maka pilih dehumidifier. 

Selanjutnya: Ini 12 Manfaat Cuka Putih, Selalu Simpan di Rumah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News