Santai

Kenapa Chat Telegram Hilang Sendiri? Ini Penyebab dan Cara Mengembalikan Pesan

Kenapa Chat Telegram Hilang Sendiri? Ini Penyebab dan Cara Mengembalikan Pesan

MOMSMONEY.ID - Telegram menawarkan beragam fitur unik, mulai dari obrolan rahasia hingga panggilan suara dan video. Namun, Anda mungkin pernah melihat chat Telegram hilang sendiri.

Nah, kenapa chat Telegram hilang sendiri? Dalam artikel ini akan menjelaskan mengenai penyebab kenapa chat Telegram hilang sendiri. 

Selain itu, ada cara mengembalikan chat Telegram hilang sendiri. Oleh karena itu, Anda tidak perlu panik apabila chat Telegram hilang sendiri. 

Mengutip IT Geared, salah satu fitur yang banyak digunakan di platform ini adalah menghilangkan pesan dan obrolan.

Terkadang, Anda mengirim pesan kepada seseorang melalui obrolan pribadi dan melihat pesan sebelumnya menghilang setelah beberapa saat.

Baca Juga: Cara agar Tidak Dimasukkan Grup Telegram Secara Random, Aktifkan Fitur Ini

Di lain waktu, Anda akan melakukan percakapan dengan teman atau kolega, tetapi saat membuka Telegram keesokan harinya, Anda tidak dapat melacak obrolan tersebut.

Ada beberapa penyebab dan cara mengatasi chat Telegram hilang sendiri. Berikut penyebabnya:

1. Fitur obrolan rahasia 

chat Telegram

Fitur obrolan rahasia Telegram menjamin privasi dan keamanan data Anda dalam dua cara; penerima tidak dapat meneruskan percakapan Anda ke pihak ketiga, dan Anda dapat mengatur pesan untuk dihapus sendiri setelah jangka waktu tertentu.

Anda dapat menyetel timer penghancur otomatis antara satu detik dan satu minggu.

Jika Anda mengirim pesan kepada seseorang melalui obrolan rahasia dengan waktu yang ditetapkan selama satu menit, pesan tersebut akan hilang untuk Anda berdua setelah satu menit berlalu.

Demikian pula, jika Anda mengobrol dengan seseorang melalui obrolan rahasia dengan pengatur waktunya disetel selama 30 detik, pesan tersebut akan hilang tiga puluh detik setelah Anda membacanya.

Baca Juga: Begini Cara Mengunci WhatsApp di HP Android dan iPhone biar Enggak Diintip Orang Lain

2. Menghapus riwayat obrolan 

Alasan lain mengapa Anda tidak dapat lagi melacak obrolan yang Anda lakukan beberapa waktu lalu dengan seseorang adalah karena mereka menghapus riwayat obrolan.

Saat Anda menghapus riwayat obrolan dengan seseorang di Telegram, platform memungkinkan Anda menghapus riwayat obrolan untuk kedua belah pihak.

3. Fitur hapus otomatis pesan 

Fitur ini secara otomatis menghapus pesan dalam percakapan Anda setelah durasi tertentu.

Durasi penghapusan otomatis termasuk setelah satu hari, satu minggu, dan satu bulan. Anda juga dapat mengatur waktu khusus antara satu hari dan satu tahun.

Cara mengembalikan chat Telegram hilang sendiri

Berikut caranya:

1. Gunakan Folder Cache Android 

Ada banyak aplikasi di Android yang menyimpan konten cache, termasuk Telegram. Prosesnya cukup sederhana, dan Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan apa pun.

Baca Juga: Cara agar Tidak Dimasukkan Grup Telegram Secara Random, Aktifkan Fitur Ini

- Dapatkan aplikasi pengelola file Android dan buka.

- Buka folder berikut: Android > Data > org.telegram.messenger > Cache.

- Dimungkinkan untuk melihat dan menyalin file ke folder lain untuk disimpan. 

2. Menggunakan Aplikasi Riwayat Pemberitahuan

- Instal Aplikasi AirDroid Parental Control di perangkat Anda.

- Segera setelah Anda meluncurkan AirDroid Parental Control, Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran. Mendaftar untuk akun dan kemudian masuk.

- Dapatkan AirDroid Kids dan pasang di perangkat target. Ikat perangkat dengan memasukkan kode pemasangan. Kemudian atur beberapa pengaturan yang diperlukan pada ponsel setelah diinstal.

3. Ekspor data Telegram 

- Instal versi Telegram Desktop di komputer Anda. Luncurkan aplikasi Telegram dan Masuk.

- Segera setelah Anda melihat Dasbor. Klik ikon Tiga Garis di sisi kiri atas antarmuka. Anda akan melihat layar menu > Pengaturan > Lanjutan.

Baca Juga: Bingung Cari File yang Di-Download? Begini Cara Melihat Unduhan di Telegram

- Temukan dan pilih "Ekspor data Telegram" di bagian "Data dan Penyimpanan". Pilih pesan dan percakapan yang dihapus yang ingin Anda ekspor, termasuk Obrolan Pribadi, Obrolan pribadi, Grup, dll.

- Pilih opsi yang Anda inginkan dan tekan tombol Ekspor. Selesai. Anda telah berhasil mengirimkan permintaan ekspor data Anda.

- Ketuk "TAMPILKAN DATA SAYA" setelah proses selesai untuk melihat pesan Telegram Anda yang dihapus dengan membuka export_results.html.

Nah, itulah informasi mengenai kenapa chat Telegram hilang sendiri. Anda bisa menyimak penyebab dan cara mengembalikan pesan yang hilang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News