Keluarga

Kenalkan Pendidikan STEAM, Sampoerna Academy Hadirkan Buku Cerita Karya Para Siswa

Kenalkan Pendidikan STEAM, Sampoerna Academy Hadirkan Buku Cerita Karya Para Siswa

MOMSMONEY.ID - Sampoerna Academy, sebagai pionir pendidikan STEAM di Indonesia, kembali menggelar Literacy Festival 2024 dengan tema STEAM Adventures Book Launch & Discussion: Unleashing 5Cs Power in STEAM Learning.

Acara ini berkolaborasi dengan Play ‘N’ Learn dan bertujuan untuk meningkatkan literasi anak melalui buku berkualitas, bersamaan dengan peluncuran buku  berjudul STEAM Adventures karya siswa-siswi Sampoerna Academy.

Adelina Holmes, Principal of Sampoerna Academy Pakuwon Indah Campus, menyatakan, Literacy Festival yang diselenggarakan setiap tahun merupakan bukti komitmen Sampoerna Academy dalam menyediakan pendidikan kelas dunia sekaligus pembelajaran STEAM di Indonesia.

"Tahun ini, kami mengapresiasi kreativitas siswa dengan meluncurkan buku STEAM Adventures karya para siswa berbakat Sampoerna Academy yang merupakan bentuk penerapan dari pembelajaran STEAM," katanya. 

Buku STEAM Adventures berisi kumpulan cerita karya lima siswi berbakat Sampoerna Academy, di mana masing-masing cerita menggambarkan satu komponen inti dari akronim STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics).

Yakni, dengan cara yang imajinatif dan praktis, serta menyoroti kehidupan sehari-hari.

Para penulis buku ini adalah Lafizha Naurah Farraige dari Grade 8B Sampoerna Academy Sentul, Elena Jap dari Grade 8 Sampoerna Academy Medan dan Tiffany Purwandi dari Grade 9A Sampoerna Academy Surabaya Grand Pakuwon. 

Baca Juga: Dorong Metode Belajar STEAM, Sampoerna Academy Sabet Penghargaan di SASMO 2024

Kemudian, Emma Botha dari Grade 10 Sampoerna Academy L’Avenue serta Claire Nikolyn Anyana dari Grade 8 Sampoerna Academy BSD.

Selama proses pembuatan buku, para siswa juga menerapkan kompetensi 5C (Creativity, Critical Thinking, Communication, Collaboration, dan Character). 

Sehingga, membentuk karakteristik mereka dengan nilai-nilai Integrity, Growth Mindset, Nobility, Innovation, Teamwork, dan Excellence (IGNITE).

Buku STEAM Adventures ditulis dalam bahasa Inggris sebagai upaya meningkatkan kapabilitas literasi multilingual. Hal ini penting bagi anak untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar dapat mendukung mereka meraih cita-cita.

Berdasarkan penelitian dari Celedón-Pattichis, sebanyak 56% populasi dunia berbicara lebih dari satu bahasa pada tahun 2020.

Data dari Dyvik yang dimuat di Statista menunjukkan, bahasa Inggris menempati urutan pertama bahasa yang paling banyak digunakan di dunia pada tahun 2023, dengan 1,5 miliar pengguna, diikuti oleh bahasa Mandarin dengan 1,1 miliar pengguna.

Galih Sulistyaningra, praktisi pendidikan, menekankan pentingnya anak mendapatkan akses literasi sejak usia dini, terutama literasi multilingual.

Baca Juga: Cetak Wirausaha Tangguh, Menteri Teten Apresiasi Program Pertamina UMK Academy

Menurutnya, literasi bukan hanya sebatas membaca, tapi juga mampu memahami, mengolah, dan memanfaatkan isi bacaan maupun informasi.

"Bahasa ibu tetap menjadi pondasi awal sebelum anak dikenalkan dengan kemampuan literasi dari bahasa lainnya," ujar Galih.

"Namun, ketika bisa dilakukan lebih dari satu bahasa, wawasan dan pengetahuan anak akan semakin meluas, memberikan peluang dan kesempatan untuk berjejaring dan berkarya secara global," imbuhnya. 

Play ‘N’ Learn, sebagai premium active edu fun destination berkonsep STEAM, telah dipercaya oleh para orang tua. Kolaborasi dengan Sampoerna Academy disambut hangat oleh Kikie Randini, GM Marketing TEEG Indonesia (Timezone & Play ‘N’ Learn). “

"Kami berharap kolaborasi ini membuat lebih banyak orang mengetahui tentang STEAM, terutama cara mengimplementasikannya," ungkapnya.

"Dari Play ‘N’ Learn yang menerima buku ini, kami berharap para orang tua, khususnya orang tua murid dari Sampoerna Academy, mengerti bahwa konsep STEAM juga dapat diimplementasikan melalui kegiatan bermain seperti yang ada di Play ‘N’ Learn," imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News