Bugar

Kenali Gejala Alergi pada Anak Berikut Ini, Penting Deteksi Dini dan Penanganan Tepat

Kenali Gejala Alergi pada Anak Berikut Ini, Penting Deteksi Dini dan Penanganan Tepat

MOMSMONEY.ID - Gejala alergi pada anak bisa sangat bervariasi, mulai dari bersin-bersin, gatal-gatal, hingga masalah pernapasan seperti asma. Penting bagi orang tua untuk mengenali gejala alergi pada anak berikut ini.

Alergi adalah reaksi sistem imun tubuh terhadap zat-zat tertentu yang disebut alergen. Alergen ini bisa berasal dari berbagai sumber, seperti makanan, debu, serbuk sari, atau bahkan hewan peliharaan.

Beberapa gejala yang perlu diwaspadai antara lain asma, yang ditandai dengan penyempitan saluran napas yang menyebabkan wheezing (mengi) dan batuk yang tidak kunjung sembuh.

Asma dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari anak dan memerlukan penanganan yang tepat.

Selain itu, urtikaria atau biduran, yang ditandai dengan bentol-bentol kemerahan yang disertai rasa gatal, bisa muncul dalam waktu singkat atau berlarut-larut, sering kali membuat anak merasa tidak nyaman.

Baca Juga: Solusi Deteksi Dini Penyakit Stroke, XL Axiata dan Alita Luncurkan Jagatara

Gejala saluran cerna seperti diare, kram perut, dan gangguan pertumbuhan juga bisa sangat mengganggu kesehatan dan perkembangan anak.

Beberapa alergen umum yang mungkin ada di sekitar kita termasuk debu rumah yang mengandung tungau dan serbuk sari tanaman terutama selama musim semi dan musim panas.

Kemudian, jamur yang tumbuh di tempat lembap, kotoran dan serpihan tubuh kecoak, serta bulu dan kulit binatang peliharaan seperti kucing dan anjing.

Sebagai orang tua, penting untuk memantau dan mengenali pemicu alergi pada anak. Jika Anda melihat gejala yang mencurigakan, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat

Dokter Spesialis Anak Ekawaty Y. Y. Larope yang berpraktek di RS Mentari mengatakan, orang tua bisa memberikan penanganan yang sesuai untuk mengelola alergi anak Anda.

"Penting bagi orang tua untuk tidak mengabaikan gejala alergi pada anak. Deteksi dini dan penanganan yang tepat dapat mencegah komplikasi lebih lanjut dan meningkatkan kualitas hidup anak," kata Eka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News