Bugar

Kenali 7 Penyabab dan Cara Mengatasi Rahang Sakit Saat Mengunyah

Kenali 7 Penyabab dan Cara Mengatasi Rahang Sakit Saat Mengunyah

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Simak penyebab rahang sakit saat mengunyah dan cara mengatasinya. Kondisi rahang bawh sakit untuk beraktivitas bisa saja tergantung pada beberapa faktor.

Rahang adalah bagian tubuh manusia yang terletak di bawah tengkorak dan berfungsi sebagai tempat melekatnya gigi-gigi, mulut, dan otot-otot yang digunakan untuk mengunyah makanan serta berbicara.

Rahang kita memiliki dua bagian, yaitu rahang atas (atau maksila) dan rahang bawah (atau mandibula).

Sayangnya, rahang juga memiliki kondisi yang bisa memburuk karne masih berkaitan dengan adanya saraf dan tulang.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Rahang sakit saat mengunyah

Penyebab rahang sakit saat mengunyah

Untuk itu, kenali beberapa penyebab rahang sakit saat mengunyah bisa disebabkan oleh berbagai masalah:

  • Gangguan pada gigi: Salah satu penyebab umum sakit rahang adalah masalah gigi, seperti karies gigi (lubang pada gigi), infeksi gigi, abses gigi, atau masalah seperti gigi bungsu yang tumbuh tidak normal. Ketika gigi Anda sakit atau mengalami masalah, rahang dapat menjadi nyeri karena tekanan atau infeksi yang berkaitan dengan gigi tersebut.
  • Gangguan rahang: Beberapa orang mengalami gangguan rahang, seperti dislokasi rahang, masalah pada sendi temporomandibular (TMJ), atau bruxism (menggertakkan gigi). Ini dapat menyebabkan nyeri rahang yang intens dan kesulitan dalam membuka atau menutup mulut.
  • Cedera atau trauma: Rahang bisa mengalami cedera akibat kecelakaan atau trauma fisik, seperti kecelakaan mobil, pukulan pada wajah, atau jatuh. Ini dapat menyebabkan rahang terkilir atau patah, yang akan sangat menyakitkan.
  • Infeksi dan peradangan: Infeksi pada gusi atau jaringan di sekitar rahang juga dapat menyebabkan sakit rahang. Infeksi ini dapat disebabkan oleh gingivitis (radang gusi), abses gigi, atau kondisi lain yang memengaruhi rongga mulut.
  • Stres atau ketegangan: Stres dan kecemasan dapat menyebabkan beberapa orang tanpa sadar menggertakkan gigi atau mengencangkan otot-otot rahang, yang dapat mengakibatkan sakit rahang dan gangguan TMJ.
  • Gondongan: Gondongan merupakan penyakit menular yang dapat menyebabkan nyeri rahang karena penyakit ini membuat kelenjar ludah membengkak. Kelenjar ludah Anda terletak di antara telinga dan rahang.
  • Trauma: Rahang Anda terluka, termasuk patah atau terkilirnya rahang Anda. Dislokasi rahang terjadi ketika tulang rahang bawah keluar dari salah satu sendi temporomandibular. Rahang patah atau terkilir merupakan keadaan darurat medis yang memerlukan penanganan segera.

Nah, Anda bisa lakukan beberapa langkah untuk mengurangi gejala sakit dari rahang bawah Anda.

Inilah cara mengatasi rahang bawah sakit saat mengunyah dilansir dari Cleveland Clinic.

Baca Juga: Inilah Sayuran dan Buah Penurun Tensi Tinggi dan Gejala Penyakit Hipertensi

Cara mengatasi rahang sakit saat mengunyah

1. Istirahatkan Rahang

Cobalah untuk menghindari mengunyah makanan yang keras atau lengket selama beberapa waktu. Istirahatkan rahang Anda agar tidak terlalu terbebani.

2. Gunakan Es atau Panas

Penerapan es atau kompres panas di area yang sakit dapat membantu meredakan rasa sakit dan peradangan. Anda bisa mengompresnya selama sekitar 15-20 menit beberapa kali sehari.

3. Hindari Kebiasaan Buruk

Apabila Anda menggertakkan gigi (bruxism), bicarakan dengan dokter gigi Anda tentang menggunakan pelindung gigi malam. Ini akan membantu melindungi gigi dan rahang Anda dari kerusakan lebih lanjut.

4. Obat Pereda Nyeri

Nah, dokter gigi Anda mungkin meresepkan obat pereda nyeri untuk mengatasi rasa sakit. Anda juga dapat menggunakan obat over-the-counter seperti ibuprofen atau parasetamol sesuai petunjuk dokter atau petunjuk pada kemasan.

5. Teknik Relaksasi

Saat kondisi stres atau kecemasan adalah penyebabnya, teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam dapat membantu mengurangi ketegangan otot rahang.

6. Pijat Rahang

Konsultasikan ke pada dokter gigi untuk penanganan dari rumah seperti pijat lembut pada otot rahang yang membantu mengendurkannya dan meredakan ketegangan.

7. Perubahan Diet

Terakhir, Anda wajib mengindari makanan yang keras, lengket, atau sulit dikunyah sementara rahang Anda masih sakit. Pilih makanan lembut dan mudah dikunyah seperti sup, yogurt, atau makanan lembut lainnya.

Jika Anda mengalami sakit rahang yang berkepanjangan atau parah, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter spesialis rahang untuk mendiagnosis penyebabnya.

Pengobatan akan tergantung pada penyebabnya, dan bisa mencakup perawatan gigi, terapi fisik, obat-obatan, atau bahkan operasi jika diperlukan.

Dari beberapa informasi terkait cara mengatasi rahang sakit saat mengunyah perlu Anda pahami agar masalah teratasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News