Bugar

Kenali 5 Manfaat Peptide untuk Kulit yang Harus Anda Tahu

Kenali 5 Manfaat Peptide untuk Kulit yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Bisa jadi pilihan kandungan skincare, simak beberapa manfaat peptide untuk kulit di dalam produk skincare.

Peptide adalah protein dalam ukuran lebih kecil yang lebih mudah terserap oleh kulit. Peptide berasal dari rantai pendek asam amino yang menyusun jenis protein tertentu yang dibutuhkan oleh kulit.

Cara kerja peptide adalah menempel di lapisan permukaan kulit terluar, kemudian meresap hingga lapisan kulit terdalam.

Tak perlu ragu lagi saat memilih skincare yang mengandung peptide, berikut lima manfaat peptide untuk kulit dilansir dari thebodyshop.co.id dan jovee.id

1. Memperbaiki skin barrier yang rusak

Pertama, peptide di dalam skincare mampu memperbaiki skin barrier (lapisan penghalang kulit) yang rusak. Anda harus tahu bahwa skin barrier rentan mengalami kerusakan akibat beberapa faktor seperti paparan sinar UV, paparan zat polutan, bakteri dan asap rokok.

Menggunakan skincare yang mengandung peptide, mampu merangsang kulit memproduksi melanin, yakni pigmen pemberi warna kulit yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV, polutan dan faktor lainnya.

Hal ini karena peptide bekerja sebagai agen memperkuat lapisan penghalang kulit agar kulit lebih sehat. 

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 3 Jenis Mata Panda dan Cara Mengatasinya

2. Memperlambat penuaan

Manfaat peptide untuk kulit selanjutnya adalah memperlambat penuaan. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan berkurang.

Kondisi ini akan mengakibatkan kulit menjadi kendur dan muncul tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus pada wajah.

Menggunakan skincare yang mengandung senyawa peptide bisa menjadi solusi atas permasalahan kulit ini, membantu memperlambat tanda-tanda penuaan, serta membuat kulit lebih kencang dan kenyal.

Selain memproduksi kolagen, peptide juga dapat membentuk serat elastin yang juga dapat berkontribusi mengencangkan kulit kendur, mengurangi keriput, dan melancarkan sirkulasi darah.

3. Membantu melindungi kulit

Kemudian, peptide juga bisa membantu melindungi kulit dari bakteri, sinar ultraviolet, polusi, dan racun-racun lainnya.

Penghalang kulit yang rusak akibat eksfoliasi berlebihan, paparan asap rokok dan polusi, atau bahkan stres, dapat dibantu dibentuk kembali oleh peptide agar lebih kuat.

Baca Juga: Kenali Penyebab Pregnancy Glow Selama Kehamilan, Kulit Jadi Glowing!

4. Mengatasi peradangan pada kulit

Manfaat peptide berikutnya adalah mengatasi peradangan pada kulit. Peptida dapat membantu meredakan peradangan, membantu memperbaiki kulit yang rusak, dan membantu meratakan warna kulit.

5. Mempercepat penyembuhan luka dan mencegah jerawat

Kemudian, peptide juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dan mencegah jerawat. Hal ini berkat kandungan antioksidan dan anti mikroba di dalam peptide.

Oleh karena itu, penggunaan skincare yang mengandung peptide dapat membantumu mencegah dan mengatasi permasalahan jerawat.

Nah, itulah beberapa manfaat peptide untuk kulit pada produk skincare. Anda bisa memilih produk skincare yang mengandung peptide. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News