Santai

Kelebihan dan Kekurangan Download iOS 17 Beta Secara Gratis

Kelebihan dan Kekurangan Download iOS 17 Beta Secara Gratis

MOMSMONEY.ID - Setiap tahun, Apple merilis versi beta dari perangkat lunak iOS, macOS, iPadOS, dan watchOS. Ternyata, ada kelebihan dan kekurangan download iOS 17 beta secara gratis. 

Download iOS 17 beta mungkin terlihat mudah dan Anda akan mendapatkan pembaruan lebih dulu. Namun, Anda perlu mengetahui ada kelebihan dan kekurangan download iOS 17 beta. 

Nah, artikel ini akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan download iOS 17 beta secara gratis. 

Baca Juga: Cara Downgrade iOS 17 Beta ke iOS 16, Ikuti Tips Aman Ini

Untuk Anda yang belum mengunduh iOS 17 beta, simak baik-baik artikel ini. 

Kelebihan download iOS 17 Beta 

1. Bisa memberikan feedback ke Apple

Mengutip Make Use Of, alasan utama Apple merilis versi beta dari pembaruan perangkat lunaknya adalah untuk menerima umpan balik sebelum peluncuran penuh.

Meskipun Anda dapat melakukan ratusan pengujian dalam lingkungan terkontrol, cara terbaik untuk mengetahui kegunaan perangkat lunak adalah dengan membiarkan pelanggan mencobanya.

Saat Anda menggunakan perangkat lunak beta Apple, Anda akan mendapat kesempatan untuk memberikan umpan balik tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak.

Berkat bantuan Anda, Anda akan membantu semua orang mendapatkan hasil maksimal dari versi lengkap saat dirilis.

Pembaruan beta menginstal aplikasi umpan balik di perangkat Anda, yang membuatnya sangat mudah untuk memberikan umpan balik ke Apple.

2. Bisa mencoba fitur baru yang keren

Preview iOS 17

Baca Juga: 6 Fitur Privasi dan Keamanan Terbaik di iOS 17, Pengguna Wajib Tahu

Apple memperkenalkan berbagai fitur menarik untuk membantu Anda mengoptimalkan hidup dengan lebih baik. 

Jadi, tentu saja, perusahaan memasukkan fitur-fitur ini dalam rilis beta-nya.

Saat mengunduh perangkat lunak beta Apple, Anda dapat mencoba fitur terbaru Apple sebelum teman dan keluarga Anda mendapatkannya. 

Pada saat rilis lengkap ditayangkan, Anda sudah tahu cara menggunakan semuanya, membuat pemutakhiran jauh lebih lancar. Misalnya, Anda dapat membiasakan diri dengan fitur iOS 17 terbaik untuk memulai.

3. Dapat software gratis

Apple merilis dua versi beta: satu untuk pengembang dan satu lagi untuk publik. 

Sebelum iOS 17, Anda harus membayar US$ 99 per tahun untuk menjadi bagian dari Program Pengembang Apple untuk mengakses build beta pengembang.

Perbedaan antara pengembang dan rilis beta publik sangat minim, artinya apa pun pilihan Anda, Anda tidak akan melewatkan sesuatu yang drastis. Namun, build developer cenderung kurang stabil dibandingkan build beta publik.

4. Masih bisa downgrade iOS

Saat menggunakan perangkat lunak beta Apple, tidak semua orang menikmati transisi yang mulus.

Seringkali, pembaruan memiliki beberapa masalah yang perlu diperbaiki sebelum versi lengkap dapat ditayangkan ke publik.

Jika mengunduh perangkat lunak ini dan mengalami masalah, Anda selalu dapat menurunkan versi ke sistem operasi saat ini. 

Dan, karena melakukan downgrade ke versi stabil (dan publik) terbaru, Anda tidak perlu khawatir tentang masalah keamanan.

Baca Juga: Akun Instagram Pengguna Tidak Ditemukan, Ketahui Penyebabnya

Kekurangan Download iOS 17 Beta

1. Kehilangan semua yang ada di perangkat

Saat mengunduh perangkat lunak beta Apple, Anda harus ingat bahwa itu bukan versi lengkap. Karena itu, Anda dapat mengalami beberapa masalah signifikan yang mungkin termasuk kehilangan semua data di perangkat Anda.

Sebelum mengunduh sistem operasi apa pun yang Anda coba, Anda harus mencadangkan semuanya. Kembalikan folder penting Anda ke drive eksternal atau di penyimpanan iCloud, dan pastikan dapat kembali ke keadaan komputer saat ini jika perlu.

Jika merasa mencadangkan perangkat Anda membutuhkan terlalu banyak usaha, mengunduh perangkat lunak beta ke iPhone, Mac, atau iPad cadangan adalah ide yang cemerlang. 

Jika tidak, lebih baik Anda menunggu beberapa bulan hingga rilis lengkap yang lebih stabil keluar.

Baca Juga: Cara Membuat Saluran Siaran di Instagram Broadcast, Mirip Fitur Channel Telegram

2. Aplikasi mungkin tidak berfungsi

Saat Apple meluncurkan pembaruan beta pengembangnya, pengembang akan bekerja keras untuk memastikan bahwa aplikasi mereka kompatibel dengan perubahan ini.

Namun, saat beta publik keluar, beberapa aplikasi mungkin belum berfungsi dengan pemutakhiran ini.

Jika menemukan bahwa aplikasi yang Anda gunakan secara teratur tidak berfungsi dengan perangkat, Anda memiliki masalah besar.

Ini adalah alasan lain mengapa sebaiknya menggunakan perangkat lunak beta pada perangkat cadangan yang tidak Anda gunakan untuk bekerja.

Baca Juga: 7 Fitur Terbaru iOS 17 yang Ditunggu Pengguna iPhone, Intip yuk

3. Sering mengalami masalah performa

Meskipun Anda mungkin tidak mengalami masalah saat menggunakan perangkat lunak beta Apple, ada baiknya juga mengharapkan yang terburuk.

Bahkan, dengan pengalaman puluhan tahun, perusahaan masih mempelajari perangkat lunak terbarunya selama fase beta.

Saat mengunduh iOS versi terbaru dan sejenisnya, Anda akan sering mengalami masalah kinerja sebelum Apple menambalnya dalam beberapa minggu pertama. Dengan ekstensi, Anda mungkin akan mengalami masalah serupa dengan edisi beta.

Jika perangkat tidak berfungsi dengan baik setelah mengunduh perangkat lunak beta, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menurunkan versi ke versi lengkap terbaru untuk saat ini.

4. Mengalami masalah keamanan

Karena perangkat lunak beta belum sepenuhnya dikembangkan, penting untuk diingat bahwa perangkat Anda mungkin terbuka terhadap ancaman keamanan.

Dalam kasus ekstrim, menggunakan versi beta dari sistem operasi Apple dapat menyebabkan virus dan malware jahat lainnya masuk ke ponsel cerdas atau komputer Anda. Demikian pula, Anda tidak dapat mengesampingkan kemungkinan peretas masuk dan mencuri informasi pribadi Anda.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai kelebihan dan kekurangan download iOS 17 beta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News