BisnisYuk

Kampanye Beli Lokal Sokong Bisnis Kecantikan Ini

Kampanye Beli Lokal Sokong Bisnis Kecantikan Ini

MOMSMONEY.ID - Agar bisnis bertahan dan berkembang ditengah persaingan antar kompetitor, strategi pemasaran yang tepat sangatlah diperlukan. Salah satunya lewat kampanye Beli Lokal yang digencarkan Tokopedia dan ShopTokopedia sejak Harbolnas 12 Desember 2023 lalu.

"Makanan dan Minuman, Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Fashion dan Kesehatan hingga Rumah Tangga adalah beberapa kategori yang paling laris di kampanye Beli Lokal di Tokopedia selama enam bulan belakangan," ungkap Head of Communications Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan.

Sedangkan di ShopTokopedia, yang bisa ditemukan dalam aplikasi TikTok, tercatat bahwa produk kecantikan, perawatan tubuh, makanan dan minuman, perabotan rumah tangga dan perlengkapan dapur, mengalami kenaikan penjualan tertinggi dengan rata-rata kenaikan lebih dari 3 kali lipat selama periode 12 Desember 2023-12 Juni 2024 dibandingkan periode 12 Desember 2022-12 Juni 2023.

"Saat ini, ada lebih dari 21 juta penjual tergabung di platform Tokopedia dan ShopTokopedia. Kami berharap kehadiran kampanye Beli Lokal bisa memberi jangkauan yang semakin luas bagi pada brand lokal melalui Tokopedia dan ShopTokopedia di aplikasi TikTok," jelas Aditia dalam keterangan yang diterima Momsmoney.

Baca Juga: 3 Promo Payday Akhir Juni 2024 di Holland Bakery, Pepper Lunch dan RotiO

Kampanye Beli Lokal terbukti telah menjangkau berbagai daerah di Indonesia. Hal ini terlihat dari beberapa daerah dengan jumlah transaksi paling tinggi lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia, antara lain, seluruh Pulau Jawa, Bali, Sumatra Utara, Sumatra Selatan dan Lampung.

Iswhite muncul dari keresahan Sarah Invera, Founder Iswhite sebagai perempuan yang dikelilingi oleh perempuan-perempuan lainnya yang berusaha mencerahkan kulit tubuh namun dengan cara ekstrim sehingga membahayakan kulit. Hal tersebut memotivasi Sarah untuk menciptakan produk pertama Iswhite berupa body mask menggunakan kandungan, seperti niacinamide, hydrolized collagen, glycolic acid, glycerin, peach extract, dan lain-lain. Kini, Iswhite memiliki 13 ragam produk perawatan kulit.

Iswhite mulai memanfaatkan platform digital, Tokopedia dan ShopTokopedia. Sejak bergabung di Tokopedia pada tahun 2022, Iswhite aktif memanfaatkan berbagai fitur dan kampanye, seperti Beli Lokal dan Kejar Diskon untuk memperluas pasar.

“Sedangkan di ShopTokopedia, Iswhite pun aktif melakukan live shopping 24 jam bahkan video-videonya trending dan masuk FYP," ujar Sarah.

Iswhite sebagai produk yang sepenuhnya buatan lokal merasa bangga karena dapat bersaing dengan produk lainnya dan dikenal oleh masyarakat luas. Berkat memanfaatkan kampanye Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia, Iswhite mengalami kenaikan penjualan hingga 14 kali lipat. Bahkan, omzet penjualan Iswhite saat mengikuti kampanye Beli Lokal di Tokopedia meningkat hampir 50%. Sedangkan di ShopTokopedia, omzet Iswhite meningkat hampir 100% dibandingkan dengan omzet bulan sebelumnya.

Baca Juga: Promo XXI Juni-Agustus 2024, Ada 7 Merchandise Minions dari Despicable Me 4

Selanjutnya: tiket.com Gelar Konser Aespa di Jakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News