Santai

KAI Sudah Layani 1 Juta Penumpang di Masa Angkutan Lebaran 2025

KAI Sudah Layani 1 Juta Penumpang di Masa Angkutan Lebaran 2025

MOMSMONEY.ID - Masa angkutan Lebaran 2025 berlangsung sejak 21 Maret hingga 11 April. Sejak 21 Maret hingga 26 Maret pukul 14.00 WIB, KAI telah melayani sebanyak 1.015.379 penumpang di Pulau Jawa dan Sumatera.

Stasiun-stasiun utama yang melayani keberangkatan penumpang tertinggi antara lain Pasarsenen, Gambir, Yogyakarta, Semarang Poncol, Bekasi, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Semarang Tawang Bank Jateng, Lempuyangan, dan Bandung.

Adapun untuk penjualan tiket, hingga 26 Maret 2025 pukul 14:00 WIB, KAI sudah menjual sebanyak 3.026.106 tiket untuk angkutan Lebaran. Jumlah ini sekitar 66% dari total kapasitas yang disediakan.

Dari jumlah tersebut, 2.770.962 tiket merupakan tiket KA jarak jauh dengan tingkat okupansi mencapai 80%. Sementara tiket KA lokal yang telah terjual sebanyak 255.144 tiket atau 22% dari total kapasitas.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba menjelaskan, penjualan tiket KA jarak jauh mulai menunjukkan peningkatan signifikan seiring dengan mendekatnya periode puncak arus mudik.

"Kami optimistis, penjualan tiket Lebaran akan terus bertumbuh seiring mendekatnya puncak arus mudik dan balik. KAI akan terus memantau pergerakan penumpang dan melakukan evaluasi berkala untuk memastikan pelayanan terbaik," jelas Anne dalam keterangan tertulis, Rabu (26/3).

Baca Juga: SAP Business Data Cloud, Satukan Data Perusahaan dan Ini Manfaatnya

Pada periode angkutan Lebaran tahun ini, KAI menyediakan 4.591.510 tempat duduk. Dari jumlah tersebut, 3.443.832 kursi dialokasikan untuk kereta api jarak jauh (KAJJ), sementara 1.147.678 kursi tersedia untuk kereta api lokal. 

Untuk mendukung kelancaran perjalanan, KAI telah menyiapkan berbagai upaya seperti optimalisasi layanan operasional, peningkatan fasilitas di stasiun, serta pengaturan jadwal perjalanan yang fleksibel.

Selain itu, KAI juga memastikan seluruh rangkaian kereta api dalam kondisi prima melalui perawatan berkala dan pemeriksaan menyeluruh. Kesiapan kru kereta api dan petugas di lapangan juga menjadi perhatian utama untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan pelanggan.

KAI mengimbau pelanggan untuk memanfaatkan layanan pembelian tiket secara online melalui aplikasi Access by KAI atau situs resmi booking.kai.id agar terhindar dari antrean di stasiun dan mendapatkan harga terbaik.

Bagi pelanggan yang telah memiliki tiket, disarankan untuk tiba di stasiun lebih awal untuk mengantisipasi potensi keterlambatan akibat padatnya arus penumpang.

KAI juga menyediakan posko pelayanan di stasiun-stasiun utama untuk memberikan bantuan informasi dan penanganan cepat bagi pelanggan yang membutuhkan.

Selanjutnya: Amman Mineral (AMMN) Raih Kinerja Cemerlang pada 2024, Simak Rekomendasi Sahamnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Survei KG Media