Santai

Kabar Baik untuk Content Creator Reels, Upadate dari Meta di Facebook dan IG

Kabar Baik untuk Content Creator Reels, Upadate dari Meta di Facebook dan IG

MOMSMONEY.ID - Halo para  content creator ceels, simak upadate dari Meta di Facebook dan IG ini. Untuk membantu para kreator terhubung dengan penggemar dan membangun bisnis di seluruh platform Meta, perusahaan layanan jejaring sosial ini melakukan pembaharuan pada Reels di Facebook dan  Instagram.

Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta di Indonesia dan Asia Tenggara   Revie Sylviana, mengungkapkan jika sekarang kreator bisa membagikan video ke Instagram Reels langsung dari aplikasi favorit mereka, seperti Videoleap, Smule, VivaVideo dan masih banyak. Aplikasi-aplikasi ini juga dapat membantu pengguna untuk langsung membagikan videonya langsung ke Facebook.

Lalu ada beberapa fitur baru di Facebook Reels untuk membantu kreator dilihat oleh lebih banyak audiens dan berinteraksi dengan para fans,” ujar Revie.

Fitur baru itu antara lain Facebook Reels Collabs. Melalui fitur ini pengguna dapat berkolaborasi dengan kreator lain dan menciptakan konten Reels bersama sambil memperluas jangkauan dan memperbesar jumlah pengikut.

Baca Juga: Meta Selenggarakan Creator Week 2022 di Bali Meta Selenggarakan Creator Week 2022 di Bali

Ada juga fitur  Facebook Reels Explore, ini merupakan destinasi baru yang menampilkan konten-konten trending, memberikan kreator inspirasi mengenai apa yang sedang populer dan sebuah cara baru untuk menarik audiens baru. 

Lalu ada fitur Facebook Reactions di Reels yang memberikan fans sebuah cara baru untuk berinteraksi dengan konten para kreator.

“Meta juga merilis beragam fitur desktop untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi kreator dalam mengoptimasi konten mereka di Creator Studio dan Meta Business Suite,” ujar Revie.

Misalnya dari menambahkan musik dan menggabungkan sejumlah potongan video hingga fitur baru untuk meningkatkan audio, seperti penghilang suara-suara yang tidak diinginkan dan speech enhancer, yang dapat membuat Reels Anda menjadi lebih menarik. Selain itu, kreator juga dapat mengunggah Reels langsung dari laman Facebook.

Sebagai bagian dari komitmen Meta untuk membantu kreator dalam menghasilkan pendapatan, Meta telah meluncurkan Branded Content di Facebook Reels secara global yang menawarkan sebuah cara baru bagi kreator dalam memaksimalkan penghasilan.

Baca Juga: Cara Download Video Reels Instagram di Android dan iPhone, Mudah Banget Cara Download Video Reels Instagram di Android dan iPhone, Mudah Banget

Pembaharuan Facebook Reels Explore oleh Meta

Kreator akan mendapatkan akses terhadap fitur tag Branded Content di Facebook Reels untuk postingan organik, dan brand-brand yang di-tag dapat mengubah Reels tersebut menjadi sebuah iklan Branded Content. 

“Selain di Reels, Meta juga menghadirkan beberapa fitur baru lainnya untuk mendukung keamanan dan kenyaman para kreator serta pengguna di platform-nya. Seperti fitur Anti Bullying yang dihadirkan Instagram,” terang Revie.

Fitur Anti-Bullying untuk melindungi kreator dan figur publik dari interaksi yang tidak diinginkan.  Beberapa diantaranya yang baru diluncurkan adalah pembaruan pada Multi-Blokir.  “Sekarang kreator tidak hanya bisa memblokir akun-akun yang sudah ada, tetapi juga bisa memblokir akun-akun yang akan dibuat oleh pihak terblokir ke depannya,” ujar Revie.

Ada juga fitur Pengingat kebaikan, yaitu notifikasi akan muncul di DM Instagram untuk mengingatkan dan mendorong pengguna menyampaikan pesan dengan baik ke kreator.

Ada pula pengingat untuk membalas komentar yaitu pengingat bagi pengguna untuk berinteraksi secara positif di dalam utas komentar yang memanas. Nantinya akan ada pengingat yang muncul saat pengguna mengetuk untuk membalas komentar yang berpotensi menyinggung.

Berikutnya pembaruan pada Hidden Words, yaitu untuk memproteksi kreator dan figur publik dari kata-kata negatif dan ofensif. Instagram telah melakukan peningkatan salah satunya pesan ofensif yang dikirim melalui balasan stories akan terfilter dan masuk ke folder Hidden Requests di DM. Selain itu, Instagram juga memperluas daftar kata untuk Hidden Words dari berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Instagram Down, Begini Pesan Pakar Marketing Bagi UMKM dan Content Creator

Pembaharuan fitur anti bullying lainnya adalah pengaturan default untuk akun creator. “Instagram mengatur Hidden Words untuk kolom komentar dan DM sebagai default akun creator,” jelas Revie.

Tak cuma di Instagram, Meta juga mendesain Facebook lebih baik lagi dengan menghadirkan mode profesional baru untu profil Facebook. Ini merupakan sebuah pengaturan profil baru yang memberikan kreator di seluruh dunia eksistensi sambilan menjaga pengalaman personal mereka di platform. 

Profesional Mode menawarkan seperangkat alat dan fitur yang dirancang untuk siapa saja yang ingin memulai perjalanan mereka sebagai konten kreator dan membangun basis penggemar.

“Melalui mode Profesional, kreator yang memenuhi syarat bisa menghasilkan uang melalui ekspansi Stars, iklan in-stream, Reels Play. Mereka juga juga dapat mengakses analitik, materi-materi edukasi dan masih banyak lagi,” pungkas Revie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News