AturUang

Jeli Mengambil Pinjaman Dana Pendidikan ya, Perhatikan Kemampuan Mencicil

Jeli Mengambil Pinjaman Dana Pendidikan ya, Perhatikan Kemampuan Mencicil

MOMSMONEY.ID - Pinjaman dana pendidikan sebenarnya bisa menjadi alternatif jika ada kebutuhan sekolah anak yang mendesak, asalkan Anda jeli menghitung cicilan dan pemasukan yang diterima. Tapi, biaya pendidikan ada baiknya Anda siapkan jauh-jauh hari. 

Lusiana Darmawan, Perencana Keuangan Oneshildt, mengatakan, sebaiknya, hindari berutang untuk dana pendidikan. Dana pendidikan yang besar membebani Anda dalam satu waktu, tentunya adalah uang pangkal.

"Ini yang idealnya perlu dipersiapkan sedini mungkin. Tapi, jangan lupakan biaya tetap berupa uang SPP setiap bulan atau semesternya. Apakah pemasukan kita memadai untuk membayarnya?" ungkap Lusi.

Baca Juga: Tips Mengatur dan Memilih Tabungan Pendidikan Anak

Jika pun memang Anda ingin berutang, perhatikan sedetail-detailnya persyaratan untuk mengambil pinjaman dana pendidikan, perhitungan bunga, tenor, penalti, denda keterlambatan, dan lainnya.

Sama halnya dengan jenis utang lainnya, pastikan Anda punya kemampuan untuk membayar cicilan utang setiap bulannya. Pastikan punya sumber pemasukan yang rutin dan stabil dan sudah memiliki dana darurat.

"Jika terjadi kondisi yang mengancam pemasukan, maka Anda masih punya sumber dana untuk melunasi kewajiban membayar cicilan utang," pesan Lusiana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News