Santai

Jangkau Kesehatan Masyarakat, Haleon dan Halodoc Hadirkan Panadol Klinik Cekatan

Jangkau Kesehatan Masyarakat, Haleon dan Halodoc Hadirkan Panadol Klinik Cekatan

MOMSMONEY.ID - Di tengah kemajuan teknologi akses untuk menggunakan layanan kesehatan tak sepenuhnya menjangkau masyarakat tanah air. Melihat hal ini, Perusahaan di sector kesehatan sekaligus produsen Panadol yaitu Haleon dan layanan digital Halodoc bersinergi menyediakan klinik keliling bernama Klinik Cekatan Panadol.

Klinik keliling juga didukung oleh Telepon Panadol Cekatan, unit telemedicine pertama yang menghubungkan masyarakat pedesaan dengan tenaga kesehatan menggunakan teknologi.

Dhanica Mae Tiu, General Manager Haleon Indonesia menuturkan Haleon selalu berusaha dalam menghadirkan akses ke layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas tinggi serta memberdayakan masyarakat melalui edukasi tentang perawatan diri di mana, kali ini menggunakan teknologi untuk menghadirkan solusi konsultasi jarak jauh bagi masyarakat pedesaan serta masyarakat yang secara langsung terkena dampak gempa.

Panadol Klinik Cekatan merepresentasikan keselarasan misi antara Haleon dan Halodoc, yakni memastikan akses kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia. Dengan keahlian dan kapabilitas dari kedua belah pihak, program ini fokus untuk melayani individu dan komunitas yang membutuhkan bantuan agar dapat  meningkatkan  kesehatan mereka guna mencegah penyakit yang lebih parah.

Baca Juga: Yuk Kenali Risiko Penyakit Sejak Dini, Lakukan 5 Tes Kesehatan Ini

dr. Irwan Heriyanto, MARS selaku Chief of Medical Halodoc melihat layanan kesehatan pada dasarnya bisa dijangkau semua orang tanpa terkecuali. Untuk itu, selain memberikan konsultasi kesehatan dan pengobatan dasar secara gratis, Halodoc mendukung Panadol Klinik Cekatan dengan memberikan edukasi akan pentingnya gaya hidup sehat dalam menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga.

“Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang langkah-langkah dasar pencegahan penyakit. Tak hanya itu, kehadiran layanan Telepon Cekatan menjadi terobosan selangkah lebih maju dalam penyederhanaan akses kesehatan melalui pemanfaatan teknologi,” ujarnya di acara peresmian Panadol Klinik Cekatan di Jakarta Selatan, Senin (29/5).

Hingga saat ini, program Panadol Klinik Cekatan telah berhasil memberikan lebih dari 7.000 konsultasi gratis, menghubungkan masyarakat dengan para ahli kesehatan untuk mendiagnosis kondisi kesehatan mereka, termasuk yang menderita sakit kepala, nyeri sendi dan otot, serta kondisi seperti hipertensi, anoreksia, dan asma, yang dapat mengancam nyawa jika pengobatan tertunda.

Baca Juga: Kurangi Cemas, 6 Manfaat Tidur Pakai Penutup Mata untuk Kecantikan dan Kesehatan

Pada November 2022, program Panadol Klinik Cekatan sudah menjangkau banyak warga Cianjur yang ingin berkonsultasi akan kesehatannya. Kedepannya, program ini  menargetkan menjangkau 10.000 orang di 16 desa di Kecamatan Cugenang.

Telepon Panadol Cekatan dirancang untuk memungkinkan konsultasi medis serta pemeriksaan esensial di sejumlah organ tubuh. Sementara itu, tim medis yang ikut mendampingi akan membantu pasien dalam menggunakan Telepon Panadol Cekatan dan mendistribusikan obat-obatan dasar.

Unit Telepon Panadol Cekatan memungkinkan konsultasi yang lebih personal dan andal melalui layar video untuk interaksi tatap muka, serta sensor yang dapat mengukur metrik seperti detak jantung, tekanan darah, suhu tubuh, dan kadar oksigen.

Unit ini akan digunakan sebagai program inisiasi dalam rangka uji coba dan studi guna melakukan perbaikan dan penyesuaian untuk tahap selanjutnya berdasarkan pembelajaran yang diperoleh di lapangan. Tak hanya di daerah Cianjur, dr. Irwan Heriyanto berharap bisa menjangkau lebih banyak daerah lain untuk program Panadol Klinik Cekatan.

Baca Juga: 6 Manfaat Tidur dengan Memakai Penutup Mata untuk Kecantikan dan Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News