MOMSMONEY.ID - Di periode libur lebaran kali ini, Moms kerap menggunakan transportasi umum dalam melakukan pergerakan. Tak jarang, barang milik pelanggan tertinggal di kereta api atau lingkungan stasiun lantaran tergesa-gesa hingga terlalu banyak membawa barang bawaan.
KAI kembali mengingatkan agar penumpang tetap waspada atas barang bawaannya. VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, barang bawaan merupakan tanggung jawab penumpang, meski KAI menyediakan berbagai fasilitas keamanan yang memadai.
"Meskipun tingkat keamanan yang diberikan KAI sudah baik, penumpang harus tetap waspada dan fokus dalam menjaga barang bawaannya," kata Joni dalam keterangan tertulis, Senin (8/4).
Baru-baru ini, terdapat pelanggan KAI yang barangnya tertinggal di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng. Pada Minggu (7/4), petugas Security Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng bernama Achmad Hidayatul Ikhsan menemukan sebuah tas berwarna coklat milik calon penumpang di area tunggu stasiun sebelah timur. Saat itu stasiun dipadati oleh calon penumpang karena bertepatan dengan masa Angkutan Lebaran.
Baca Juga: Tips Hadapi Penipuan Belanja Online ala Blibli
Kronologisnya, salah satu penumpang KA Sembrani dengan relasi Semarang Tawang Bank Jateng tujuan Gambir pada Minggu (7/4) melaporkan kepada petugas pengamanan KA Sembrani bahwa tas miliknya tertinggal di area tunggu Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.
Petugas pengamanan KA Sembrani pun segera melaporkan hal tersebut ke Kantor Pengamanan Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng untuk selanjutnya dilakukan penyisiran di lokasi dimaksud.
Petugas Security Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng yang biasa dipanggil Ikhsan ini pun berhasil mengamankan barang dimaksud berupa tas berwarna coklat dengan merk Louis Vuitton dan berisi 5 buah emas batangan 100 gr, 17 lembar mata uang asing, charger, kunci, 2 buah buku tabungan, dompet berisi kartu, 5 buah voucher, 2 lembar STNK, dan bukti diri (KTP, SIM) dengan taksiran barang senilai Rp 510 juta.
Tas berikut isinya langsung dikirim ke Pos Pengamanan Stasiun Gambir menggunakan KA Argo Bromo Anggrek dengan pengawalan oleh Petugas Pengamanan Kereta. Pada pukul 17.30 WIB barang sampai di Pos Pengamanan Stasiun Gambir dan langsung diserahkan kepada pemilik.
Pemilik barang menyampaikan rasa terima kasihnya karena KAI telah menemukan barang berharganya. Ia juga sangat mengapresiasi nilai-nilai kejujuran yang dimiliki oleh insan KAI dalam menjalankan setiap tugasnya.
Pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam kereta api atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas antara lain kondektur yang sedang berdinas di atas KA, ataupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News