Bugar

Jangan Keliru, Inilah 5 Ciri-Ciri Kulit Sensitif

Jangan Keliru, Inilah 5 Ciri-Ciri Kulit Sensitif

MOMSMONEY.ID - Perlu disadari ciri-ciri kulit sensitif seperti apa. Hal ini berguna untuk menentukan cara merawat kondisi kulit, pemilihan produk skincare yang tepat serta hal-hal apa saja yang perlu dihindari.

Kali ini, pada jenis kulit sensitif ada beberapa ciri-ciri yang bisa Anda kenali. Jika ciri-ciri ini termasuk pada kondisi kulit Anda, maka dapat dipastikan Anda memiliki jenis kulit sensitif.

Melansir dari olay.co.id, berikut ciri-ciri kulit sensitif yang harus Anda tahu, yaitu: 

1.Kulit Mudah Memerah

Pertama, ciri-ciri kulit sensitif adalah kulit mudah memerah. Ketika baru saja mengaplikasikan skincare, atau terpapar faktor lingkungan seperti udara yang terlalu kering kemudian kulit berubah menjadi kemerahan. 

2. Kulit Rentan Ruam dan Bruntusan

Ciri kulit sensitif selanjutnya adalah kulit rentan ruam dan bruntusan. Ketika ruam dan bruntusan kemerahan sering muncul di kulit wajah, terutama setelah Anda mengaplikasikan produk skincare atau terpapar faktor lingkungan, bisa dikatakan Anda memiliki kulit sensitif.

Pastinya kulit ruam membuat Anda merasa tidak nyaman, bahkan bruntusan nya juga bisa saja terasa keras ketika diraba.

Baca Juga: Perhatikan! Inilah Ciri-Ciri dan Penyebab Skin Barrier Rusak

3. Kulit Langsung Terasa Panas Terkena Iritan

Berikutnya, kulit langsung terasa panas saat terkena iritan juga termasuk ciri kulit sensitif. Pemilik kulit sensitif memiliki skin barrier yang tipis jika dibandingkan jenis kulit lain.

Misalnya saat ada kandungan di dalam pelembab atau sunscreen yang tidak cocok, langsung bisa membuat kulit Anda terasa panas.

Hal ini sering terjadi ketika Anda mengaplikasikan skincare atau kosmetik berbahan dasar gel, mengandung alkohol, atau bahkan kandungan yang biasa terdapat pada produk khusus kulit berjerawat. Kandungan pada produk anti penuaan juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

4. Kulit Reaktif Terhadap Sinar Matahari

Paparan sinar matahari bagi pemilik kulit sensitif dan tidak mengoleskan produk sunscreen akan langsung membuat kulit merah.

Oleh karena itu, pentingnya bagi kulit sensitif untuk selalu melindungi kulit dengan mengaplikasikan sunscreen yang mengandung titanium dioxide atau zinc oxide. Dua kandungan tersebut dikenal aman digunakan oleh kulit sensitif.

5. Kulit Biasanya Sangat Kering

Ciri kulit sensitif terakhir adalah kulit biasanya sangat kering. Kulit yang sensitif biasanya super kering juga. Hal ini bisa menyebabkan kulit pecah-pecah.

Apa lagi dalam cuaca dingin yang kering dan banyak angin. Oleh sebab itu, Anda harus menggunakan pelembap lembut demi melindungi kulit dari kekeringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News