Santai

Jangan Golput, Ini 5 Alasan Kenapa Anda Wajib Ikut Memilih saat Pemilu 2024

Jangan Golput, Ini 5 Alasan Kenapa Anda Wajib Ikut Memilih saat Pemilu 2024

MOMSMONEY.ID - Walau merasa masih bingung, simak beberapa alasan mengapa Anda tidak boleh golput dan wajib ikut serta memilih dalam Pemilu di sini.

Meski Pemilu 2024 sudah semakin dekat, tak jarang masih ada generasi muda dan tua yang masih bingung menentukan pilihannya.

Sayangnya, kebingungan tersebut biasanya akan membuat mereka memutuskan untuk golput dalam Pemilu.

Sebelum memutuskan untuk golput dan tidak ikut serta memilih, sebaiknya simak beberapa alasan mengapa Anda wajib ikut Pemilu 2024 yang telah dirangkum oleh Momsmoney berikut ini.

Baca Juga: 20 Kata-Kata Bijak Pemilu Damai 2024, Ciptakan Suasana Harmonis

Merupakan hak individu

Salah satu alasan penting untuk ikut serta dalam pemilihan umum adalah karena hal tersebut merupakan hak masing-masing individu, terutama penduduk Indonesia.

Banyak orang yang berjuang untuk bisa mendapatkan hak memilih, maka dari itu jangan sampai menyia-nyiakan hak pemilih yang diberikan untuk Anda. Dengan hak tersebut, Anda juga berperan aktif memperbaiki segala aspek kehidupan di Indonesia, loh.

Memperbaiki sistem pemerintahan

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, dengan ikut serta memilih di Pemilu 2024, Anda juga menjadi salah satu orang yang berperan memperbaiki sistem pemerintahan.

Caranya adalah dengan memilih kandidat yang punya program sesuai dengan keinginan dan harapan Anda. Maka dari itu, pastikan mengetahui semua program kerja masing-masing kandidat yang berpotensi menciptakan ekosistem pemerintahan baru yang lebih baik.

Baca Juga: 15 Kata-Kata Kreatif untuk Mengajak ke TPS di Pemilu 2024, Bangunkan Demokrasi

Kesempatan untuk perubahan lebih baik

Ikut serta dalam Pemilu 2024 sebagai pemilih dan tidak golput juga termasuk dalam upaya menciptakan perubahan dalam masyarakat.

Dari mulai isu sosial, ekonomi, politik, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan hidup, semuanya bisa diubah menjadi lebih baik dengan memilih kandidat yang Anda rasa tepat.

Jika Anda menginginkan adanya perubahan dalam sistem-sistem tersebut, maka gunakan kesempatan ini untuk ikut serta dalam Pemilu 2024, ya.

Penentu keuangan

Pemilu pun bisa mempengaruhi keuangan individu dan negara, loh. Sebab setiap masyarakat diwajibkan untuk membayar pajak bagi negara.

Uang tersebut kemudian digunakan untuk memperbaiki infrastruktur, pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia.

Jika Anda tidak ingin menyia-nyiakan uang pajak Anda untuk lima tahun ke depan, maka datang dan pilihlah kandidat yang bisa mengemban tugas dan memanfaatkan uang pajak Anda dengan baik.

Menghindari kecurangan politik

Sudah bukan rahasia bahwa memutuskan golput dan tidak ikut serta dalam pemilu bisa menimbulkan kecurangan politik yang besar.

Kecurangan politik seperti menambahkan suara pada salah satu kandidat Pemilu sudah sering ditemukan juga dalam proses pemilihan umum. Kalau tidak ingin hak memilih Anda digunakan oleh orang lain yang curang dan tidak bertanggung jawab, maka sebaiknya jangan golput.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa Anda tidak boleh golput dan wajib ikut serta dalam Pemilu 2024. Pastikan juga Anda mengikuti aturan sah Pemilu, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News