Santai

Jangan Disepelekan, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

Jangan Disepelekan, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

MOMSMONEY.ID - Sebaiknya Anda tidak menyepelekan masalah HP Android cepat panas. Ada beberapa penyebab yang menyebabkan HP Android cepat panas. 

Sebagian pengguna hanya mengetahui penyebab HP Android cepat panas karena terlalu sering digunakan. Padahal, tidak hanya itu penyebabnya. 

Anda perlu memeriksa penyebab dan cara mengatasi HP Android cepat panas. Sebab, bisa jadi ada masalah di dalam HP Android tersebut. 

Baca Juga: Cara Mencari Followers Instagram di Threads dengan Mudah, Ikuti 6 Tips Ini

Melansir dari Make Use Of, berikut ini penyebab dan cara mengatasi HP Android cepat panas: 

1. Bug dalam aplikasi 

Mungkin Anda telah menginstal aplikasi baru yang tidak berjalan dengan baik di ponsel Anda. Mungkin aplikasi yang Anda gunakan secara rutin telah diperbarui dan versi baru menyebabkan Android menjadi terlalu panas.

Pembaruan aplikasi otomatis berguna, tetapi terkadang menyebabkan masalah seperti ini. Anda memiliki dua solusi:

- Copot pemasangan aplikasi yang dimaksud.

- Periksa pembaruan.

Segera setelah aplikasi dihapus, mulai ulang ponsel Anda, dan tunggu beberapa menit sebelum memeriksa suhunya lagi. Jika ponsel masih panas, coba solusi lain di bawah ini.

2. Penggunaan kamera 

kamera Instagram

Menggunakan kamera video ponsel dalam waktu lama dapat menyebabkan perangkat menjadi terlalu panas. Ini tidak terjadi di semua kasus dan biasanya bergantung pada beberapa faktor lain:

- Resolusi dan kecepatan bingkai.

- Kecerahan layar.

- Penggunaan kamera dalam waktu lama.

- Lupa kamera Anda aktif.

Baca Juga: Twitter Kena Suspend, Simak Cara Mengembalikan Akun yang Ditangguhkan

Cukup rekam video selama beberapa menit menggunakan kamera depan, dan ponsel Anda mungkin akan segera kepanasan.

Untuk menghindari hal ini terjadi, pastikan kamera ponsel Anda hanya digunakan saat diperlukan, layar tidak disetel terlalu terang, dan Anda tidak mencoba merekam dengan resolusi berlebihan.

Memotret pada 60fps dalam 4K akan menghasilkan lebih banyak panas daripada, katakanlah, 30fps pada 1080p.

3. Sinar Matahari 

Membiarkan telepon di bawah sinar matahari langsung adalah masalah umum. Ponsel Anda hampir pasti akan menjadi terlalu panas jika dipasang di dasbor mobil pada hari yang cerah, misalnya.

Apabila Anda mengalami hal tersebut, gunakan sistem AC kendaraan Anda untuk membantu mendinginkan ponsel.

Anda juga bisa menjauhkan ponsel dari sinar matahari langsung. Jika Anda perlu menggunakannya, coba simpan telepon di tempat teduh. Setelah selesai, cegah ponsel Anda dari kepanasan dengan menyimpannya di tempat yang sejuk.

4. Masalah malware

Malware di perangkat Android Anda dapat menyebabkan panas berlebih.

Malware dapat menyerang perangkat apa pun melalui iklan jahat (malvertising), e-mail, atau aplikasi palsu dari toko Google Play resmi. Sulit untuk mengetahui kapan dan di mana malware dapat menyerang.

Akibatnya, Anda harus mempelajari cara menemukan aplikasi berbahaya dan menghapusnya.

Ada beberapa aplikasi antivirus gratis untuk Android yang dapat dipilih yang dapat membantu melindungi ponsel Anda dari masalah pemanasan. Aplikasi antivirus iPhone sama bermanfaatnya.

Baca Juga: Update Harga HP Samsung A14 5G di Juli 2023, Cek Juga Spesifikasinya

5. Penggunaan casing

Banyak kasing dibuat dari plastik atau mengandung banyak plastik. Bahkan yang dibuat dengan kulit memiliki masalah yang sama: telepon diisolasi, menahan panas masuk dan keluar dingin.

Jika ponsel Anda mulai memanas, lepas kasing dari ponsel Anda agar suhu panas bisa keluar. 

6. Kabel charger

Hal lain yang dapat menyebabkan masalah overheating ponsel Android adalah kondisi baterai. Kabel pengisi daya juga dapat menyebabkan masalah.

Jika Anda memiliki ponsel lama yang telah terisi penuh berkali-kali (idealnya jangan pernah mengisi daya hingga 100% jika Anda dapat membantu; isi daya secara teratur hingga 80-90% agar baterai tetap sehat), maka ponsel cerdas dapat mengalami panas berlebih.

Pada akhirnya, ponsel seharusnya tidak menjadi cukup panas sehingga menimbulkan masalah saat mengisi daya. Jika ini terjadi, penyebabnya mungkin baterai rusak, kabel pengisi daya berkualitas buruk, atau masalah pada port

Untuk itu, Anda perlu mengganti kabel dan adaptor. Selain itu, Anda juga bisa mengganti baterai dan memperbaiki port pengisian daya. 

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi hp Android cepat panas. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News