Keluarga

Intip 5 Stasiun Kereta Api dengan Bangunan Terindah di Asia

Intip 5 Stasiun Kereta Api dengan Bangunan Terindah di Asia

MOMSMONEY.ID - Di Asia ada 5 stasiun kereta api dengan bangunan dan gaya arsitektur terindah dengan gaya arsitek yang unik. Di mana saja stasiun tersebut?

Melansir Architectural Digest, stasiun kereta api yang indah adalah salah satu landmark arsitektur kota yang sangat berharga. Meskipun telah banyak maskapai penerbangan, ternyata transportasi kereta tetap menjadi pilihan. 

Uniknya stasiun juga dibangun sedemikian rupa, sehingga terlihat indah.  Bagi Anda yang suka mengunjungi bangunan-bangunan unik, jangan lupa kunjungi 5 stasiun terindah di Asia ini ya!

Ini 5 stasiun terindah di Asia yang wajib Anda kunjungi

Kuala Lumpur Railway Station

Kuala Lumpur Railway Station

Kuala Lumpur Railway Station didesain oleh pemerintahan Inggris. Arsitek yang membangun stasiun ini adalah Arthur Benison Hubback. Stasiun ini pertama kali dioperasikan pada tahun 1910. 

Stasiun ini merupakan aglomerasi menara yang fantastis, paviliun berkubah dan gapura yang diartikulasikan. Sekarang stasiun ini lebih menjadi pusat komuter dibandingkan menjadi tempat wisata. Namun tetap saja stasiun ini wajib Anda kunjungi. 

Baca Juga: Begini Cara Menjaga Cat Dinding Rumah Tetap Cerah & Tidak Mudah Pudar

Kanazawa Station

Kanazawa Station

Kanazawa Station telah direnovasi pada tahun 2005. Bangunan awal stasiun ini dibuat pada tahun 1898. Saat direnovasi, stasiun ini memiliki kubah kaca ultramodern dengan gerbang kayu berbentuk drum raksasa. 

Meski telah ada sentuhan modern, stasiun Kanazawa masih menjadi daya tarik. Bahkan desain bangunan ini setara dengan distrik Geisha dan beberapa bekas tempat tinggal para samurai.

Sirkeci Railway di Istanbul

Sirkeci Railway Station

Sebagai pintu gerbang Istanbul menuju Eropa, sehingga tentu saja stasiun Sirkeci ini memiliki perpaduan estetika Art Nouveau Prancis dan Ottoman. Saat dibuka pada 1890, bangunan ini cukup modern pada zamannya dengan 300 lentera gas dan kompor ubin dari Austria.

Stasiun yang ada di kaki Selat Bosporus ini menampilkan deretan batu bata di fasadnya, menara jam, dan jendela kaca patri. Stasiun ini melayani Orient Express yang menghubungkan Paris ke Turki selama 80 jam. Namun layanan ini berhenti pada 1977. 

Haydarpasa Railway Station

Haydarpasa Railway Station

Haydaparsa memang tidak seterkenal Stasiun Sirkeci, namun kemewahannya tetap terlihat. Stasiun ini dibangun di tanah reklamasi Selat Bosporus, yang membuat stasiun ini dikelilingi air di tiga sisinya. 

Haysaparsa memiliki bangunan neoklasik yang dirancang oleh arsitek Jerman Otto Ritter dan Helmut Conu. Stasiun ini diresmikan pada tahun 1909 di hari ulangtahun Sultan Mehmed V.

Chhatrapati hivaji Terminus

Chhatrapati Shivaji Terminus

Baca Juga: HUT RI ke-78, Promo KAI 17 Agustus Tawarkan Tiket Hanya Rp 78.000

Stasiun Chhatrapati Shivaji Terminus di Mumbai ini tadinya dikenal dengan nama Victoria Terminus Station. Stasiun ini merupakan perpaduan gaya kebangkitan Gothic Italia Victoria dan tradisional India. 

Dibangun untuk melayani perdagangan terkemuka di negara itu, stasiun ini dibangun selama 10 tahun selesai pada 1888.

Stasiun ini dibangun oleh arsitek F.W Steven khusus dekoratif batu ukir dan patung flora dan fauna lokal, gargoyle, algoris grotesques dan patung yang mewakili kasta dan komunitas negara. 

Hua Hin Train Station

Hua Hin Train Station

Hua Hin adalah stasiun kereta di Thailand. Stasiun ini merupakan stasiu kereta tertua di negara ini.

Dibangun dengan gaya tradisional Thailand, stasiun ini memiliki ruang khusus yaitu ruang tungga kerajaan yang didirikan pada tahun 1911 pada masa kerajaan Raja Rama.

Bangunan aslinya didirikan pada tahun 1910. Namun dibangun kembali pada 1926 oleh Pangeran Purachatra Jayakara yang ingin nuansa Victoria. Kemudian di tahun 1967 Kolonel Saeng Chulacharit merencana relokasi paviliun Kereta Api Istana Sanam Chandra yang saat ini berada di Hua Hin. 

Itu tadi 5 stasiun terindah yang ada di Asia. Jangan lupa untuk mengunjunginya dan merasakan keunikannya, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News