Santai

Instagram Down, Begini Pesan Pakar Marketing Bagi UMKM dan Content Creator

Instagram Down, Begini Pesan Pakar Marketing Bagi UMKM dan Content Creator

MOMSMONEY.ID - Instagram ddown, simak pesan pakar marketing bagi UMKM dan content creator ini. Peristiwa yang terjadi pada Senin (31/10) itu bikin panik dan geram. Maklum saja, tak sedikit orang menggunakan instagram  (IG) sebagai ladang cuan. Hampir semua pelaku usaha baik jasa maupun produk, mengandalkan IG untuk menawarkan bisnis mereka. Selain itu, IG juga menjadi andalan bagi content creator untuk menarik cuan.

Jadi tak heran ya, jika ketika IG tak bisa diakses mereka pun kalang kabut. Followers yang notabene adalah data base penting dalam bisnis mereka bakal hilang begitu saja.

Pakar marketing Yuswohady mengingatkan, dari peristiwa Instagram yang down kemarin bisa menjadi pengalaman penting bagi pelaku usaha atau content creator yang mengandalkan IG sebagai sumber cuan.

“Tidak menutup kemungkinan layanan media digital ini bakal down lagi, berganti, atau bahkan hilang. Untuk itu sejatinya kita harus menyadari esensi media sosial itu bagi pelaku usaha,” ujar Yuswohady ketika dihubungi  Momsmoney, Selasa (1/11).

Baca Juga: Instagram Down, Komika hingga Pelaku UMKM Kehilangan Followers Instagram Down, Komika hingga Pelaku UMKM Kehilangan Followers

Bagi pelaku usaha atau content creator, media sosial (medsos) berguna menjaring massa atau pelanggan potensial. Dan untuk menggaet basis massa ini tentu tidak mudah jika dilakukan secara organik. Nah mengingat tidak mudahnya mencari followers yang nyata itu maka ketika sudah terjaring, Anda harus kelola dengan baik.

Mengelola followers itu tidak cukup hanya dengan menyajikan konten atau giveaway, lo. Tapi Anda benar-benar harus membuat mereka ada di data base yang tercatat. Jadi kalaupun media sosial hilang, kita tidak serta merta kehilangan mereka.

“Bagi pelaku usaha, media sosial seperti IG, Facebook, ataupun Tik Tok harus diibaratkan hanya sebagai tempat jualan atau foodcourt,” terangnya Yuswohady. Artinya medsos itu hanya untuk menjadi tempat jualan dan menjaring pembeli. Jika suatu waktu Anda terusir dari tempat jualan itu tentu Anda harus siap, bukan?

Lantas bagaimana supaya pelanggan bisa mengakses dagangan atau layanan kita? Anda sejatinya harus punya ‘rumah’. Ya, Anda harus memiliki lapak Anda sendiri yang tidak tergantung pihak lain.

Baca Juga: Cara Download Video Reels Instagram di Android dan iPhone, Mudah Banget Cara Download Video Reels Instagram di Android dan iPhone, Mudah Banget

“Rumah yang dimaksud adalah website. Ya, memang back to basic. Tapi ini penting. Atau membuat aplikasi sediri,” ujar Yuswohady. Mengelola website mungkin terkesan kuno dan sulit tapi mau tak mau harus dilakukan supaya pelanggan tak kehilangan akses ketika akun di media sosial hilang.

Dengan memiliki website atau aplikasi sendiri, kita punya keleluasaan dalam pengelolaannya. Jadi kalau Anda jualan atau andalkan medsos untuk bisnis alangkah baiknya cantumkan website Anda. Anda juga buat ajakan melalui medsos itu untuk mengakses website supaya lebih familiar.

“Punya akun di banyak medsos itu penting untuk melancarkan bisnis supaya ketika yang satu down bisa akses medsos yang lain. Medsos itu adalah channel Anda. Tapi yang diingat, Anda harus punya rumah sendiri seperti website, blog pribadi, atau aplikasi sendiri,” pungkas Yuswohady.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News