HOME, Bugar

Inilah Manfaat Argan Oil Bagi Kulit Wajah Anda

Inilah Manfaat Argan Oil Bagi Kulit Wajah Anda

MOMSMONEY.ID - Argan Oil adalah minyak nabati yang berasal dari pohon argan di daerah Maroko. Sudah sejak lama argan oil menjadi bahan utama produk kosmetik.  Melansir dari wikipedia, Argan Oil mengandung tokoferol (vitamin E), fenol, karoten, squalene, dan asam lemak. Fenol alami utama dalam minyak argan adalah asam caffeic, oleuropein.dll, asam vanillic, tirosol, katekol, resorsinol, epikatekin dan katekin.

Bergantung pada metode ekstraksi, minyak argan mungkin lebih tahan oksidasi dari  pada minyak zaitun. Kandungan-kandungan tersebutlah yang membuat argan oil memilki manfaat untuk kulit wajah. Lebih jelasnya, berikut manfaat argan oil bagi kulit wajah anda, yakni:

1. Kulit menjadi lembab

Argan oil mampu melembabkan kulit karena mengandung vitamin E dan asam lemak. Melansir dari cnfstore.com, kandungan air di dalam kulit dapat terjaga karena vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang larut dalam lemak. Hal ini membuat argan oil berperan sebagai pelembap alami yang mudah diserap oleh kulit.

2. Membantu regenerasi kulit

Selanjutnya, argan oil dapat meregenerasi kulit dimana dibutuhkan proses eksfoliasi wajah sehingga tampak lebih sehat dan bercahaya. Namun eksfoliasi yang berlebihan dapat merusak kulit dan menyebabkan iritasi. Argan oil juga mampu mengurangi resiko kulit teriritasi saat proses eksfoliasi dan kulit tetap lembap. 

Baca Juga: Manfaat Green Tea Bagi Perawatan Kecantikan Kulit

3. Mencegah penuaan dini

Khasiat argan oil yang lain yaitu mampu menjaga elastisitas kulit dan memperbaiki kulit yang rusak. Sehingga tampilan kulit akan lebih bersinar dan awet muda. Argan oil berfungsi memperbaiki kolagen dan elastin kulit. Dua hal ini berperan dalam menjaga kekencangan kulit, mengurangi garis halus dan kerutan, dan memperbaiki kulit yang rusak.

4. Mengatasi masalah jerawat

Argan oil efektif mengurangi kelebihan sebum pada kulit berminyak sehingga mampu mencegah dan mengatasi masalah jerawat. Tingginya kandungan asam linoleat juga membantu meredakan peradangan akibat jerawat dan menenangkan sel-sel kulit yang rusak.

5. Melindungi kulit dari sinar matahari

Yang terakhir yaitu antioksidan dalam argan oil efektif melindungi kulit dari radikal bebas yang disebabkan paparan sinar matahari. Argan oil dipercaya bisa mencegah terjadinya hiperpigmentasi dan luka bakar. Bahkan untuk waktu lama, argan oil dapat melindungi kulit dari kanker kulit, termasuk melanoma. 

Seperti itulah manfaat argan oil bagi kulit wajah anda. Oleskan argan oil ke wajah anda yang berjerawat, lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang bagus. Anda juga bisa memilih produk skincare yang mengandung argan oil di dalamnya. 

Selanjutnya: 5 Rekomendasi Face Wash Terbaru yang Wajib Anda Coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News