Keluarga

Inilah 3 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih Agar Manfaatnya Maksimal, Sudah Tahu?

Inilah 3 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih Agar Manfaatnya Maksimal, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Kapan waktu terbaik untuk minum air putih? Berikut 3 waktu terbaik untuk minum air putih yang patut Anda ketahui.

Air memainkan peran kunci dalam mengatur segalanya mulai dari fungsi otak, kinerja fisik, hingga pencernaan.

Asupan air yang cukup juga bisa membantu Anda mendapatkan kulit yang senantiasa sehat dan glowing dari dalam lho.

Alih-alih minum air yang penuh rasa dan warna, sangat dianjurkan bagi Anda untuk lebih banyak minum air putih setiap hari.

Namun, kapan kira-kira saat yang tepat dan direkomendasikan untuk minum air putih? Melansir Healthline, inilah 3 waktu terbaik untuk minum air putih agar manfaatnya maksimal.

Baca Juga: Apakah Gangguan Tidur Gejala Gangguan Jiwa? Ini Penjelasannya Lengkapnya

1. Pagi hari

Bangun Tidur

Waktu terbaik untuk minum air putih yang pertama yaitu pada pagi hari. Menikmati segelas air putih di pagi hari merupakan cara sederhana untuk memulai hari dengan langkah yang tepat.

Plus, dapat memudahkan kita untuk mempertahankan kebiasaan hidrasi yang sehat dan meningkatkan asupan cairan sepanjang hari. Jika Anda mengalami dehidrasi, asupan air harian yang meningkat bisa berpengaruh positif terhadap tingkat hidrasi, suasana hati, fungsi otak, maupun tingkat energi.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat berdampak negatif pada memori, konsentrasi, tingkat kecemasan, dan kelelahan. Jadi, yuk mulai biasakan diri Anda untuk mengawali hari dengan segelas air putih!

2. Sebelum makan

Air putih

Waktu terbaik untuk minum air putih yang kedua yaitu sebelum makan. Minum segelas air putih sebelum makan adalah strategi yang bagus jika Anda sedang mencoba menurunkan berat badan.

Minum air putih sebelum makan tidak hanya membantu meningkatkan perasaan kenyang, tetapi juga dapat mengurangi asupan selama Anda makan. Satu penelitian pada 24 orang dewasa yang lebih tua menemukan bahwa minum 500ml air putih 30 menit sebelum sarapan mampu mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi sebesar 13% dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Studi lain pada 50 orang menunjukkan bahwa minum 300-500ml air putih sebelum makan siang mampu menurunkan rasa lapar dan asupan kalori pada orang dewasa yang lebih tua.

Kendati minum air putih sebelum makan bisa menjadi metode yang efektif untuk mendukung hidrasi, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah minum air putih sebelum makan juga dapat mendorong penurunan berat badan pada individu yang lebih muda.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sederhana untuk Meningkatkan Kehidupan Seks, Pasutri Harus Tahu!

3. Sebelum dan setelah olahraga

Minum air putih melepas dahaga puasa

Waktu terbaik untuk minum air putih yang ketiga yaitu sebelum dan setelah olahraga. Saat Anda berolahraga, Anda akan kehilangan cairan dan elektrolit melalui keringat.

Dengan minum banyak air putih sebelum maupun sesudah berolahraga, itu penting untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi sekaligus membantu mengisi kembali cairan yang hilang.

Di sisi lain, kehilangan cairan yang berlebihan selama olahraga juga dapat merusak kinerja fisik dan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk minum air putih atau minuman elektrolit setelah berolahraga guna membantu mengganti cairan yang hilang serta mengoptimalkan kinerja dan pemulihan.

Itulah 3 waktu terbaik untuk minum air putih yang patut Anda ketahui. Jangan keliru lagi ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News