AturUang

Ini Yang Harus Dilakukan Orang Tua agar Anak Terhindar dari Kidult

Ini Yang Harus Dilakukan Orang Tua agar Anak Terhindar dari Kidult

MOMSMONEY.ID - Kidult bisa diatasi sebenarnya sejak anak-anak. Disinilah peran orang tua sebenarnya dibutuhkan.

Kidult adalah kebiasaan orang-orang dewasa menginginkan barang-barang atau hobi sewaktu kecil. Salah satu alasannya adalah kurang puas menikmati masa kecil. 

Misalnya saja masih gemar membeli mainan untuk anak-anak padahal sudah memasuki usia dewasa. 

Upaya mengantisipasi anak agar bisa menahan diri dari fenomena kidult , tak hanya dengan cara menuruti dan selalu membelikan mainan sewaktu dia kecil. Cobalah untuk menerapkan jalan yang lebih bijak.

Baca Juga: Ternyata Ada Hirarkinya, Ini 7 Hirarki Barang Luxury Mewah Wajib Tahu

Lusiana Darnawan, perencana keuangan Oneshildt mengatakan sebagai orang tua, mulailah dari diri sendiri untuk punya good financial habit.

Anak akan meniru apa yang orang tua lakukan. Jadi, mulailah untuk mengajari anak soal kebutuhan dan keinginan, kata Lusi.

Anda, misalnya, bisa mengajari anak cara membuat prioritas terkait uang, mana yang utama mana yang bisa ditunda. Kenalkan kebiasaan menabung, membuat anggaran kepada mereka. Tentu, semua itu diajarkan sesuai tahapan usia anak.

Ketika anak sudah lebih paham, Anda bisa mengajarkan cara mendapatkan uang.

Baca Juga: Apa sih Penyebab Kidult? Fenomena Orang Dewasa Suka Koleksi Mainan Anak-Anak

Fennicia Auliantia, perencana keuangan Finansialku berpendapat sama. Sebagai orang tua, lebih baik Anda mengajari prioritas hidup dan pengelolaan keuangan. Latih kebiasaan menabung agar anak terbiasa bersikap bijak untuk membeli sesuatu. Sehingga di kemudian mereka tidak tidak berhutang dalam membeli barang atau membiayai kegiatan yang bersifat konsumtif, kata Fennicia.

Selain itu, coba ajarkan usaha atau kegiatan kreatif seperti berdagang untuk mencari uang dalam memenuhi keinginan mereka. Hal ini mendorong anak berusaha memenuhi keinginan dengan hal yang positif dan tidak instan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News