Santai

Ini Tips Tinggal Bersama Teman di Satu Kamar Kos

Ini Tips Tinggal Bersama Teman di Satu Kamar Kos

MOMSMONEY.ID - Ini tips tinggal bersama teman di satu kamar kos untuk menjaga ketenangan bersama!

Melansir MyDomaine, meski terlihat menyenangkan memiliki teman sekamar, namun tinggal bersama di satu kamar kos tetap memiliki tantangannya tersendiri. 

Sehingga penting untuk mengatur ekspektasi untuk ketenangan bersama. Mulai dengan mendiskusikan hal-hal penting seperti patungan membayar kamar kos dan jadwal membersihkan kamar. 

Baca Juga: Ini Kelebihan dan Kekurangan Tinggal Bersama Teman

Jika Anda tinggal di kamar kos dengan suami atau istri mungkin ini bisa membawa keuntungan. Tinggal di tempat yang kecil membuat komunikasi Anda semakin intens sehingga Anda akan terlatih untuk membuat daftar prioritas, mengelola kehidupan bersama dan memperkuat hubunngan kalian. 

Namun tentu ada kemungkinan Anda tinggal bersama sahabat Anda yang tidak terikat secara romantis. Lalu bagaimana jika kondisinya demikian? Yuk simak tipsnya!

Tips tinggal bersama teman di satu kamar!

Buat aturan dasar
Membuat aturan dasar untuk tinggal bersama adalah hal yang paling pentin. Sebab Anda tidak bisa pindah kamar saat teman Anda memutar musik dengan volume keras di tengah malam. 

Sehingga buatlah aturan dasar yang menguntungkan keduanya, kuncinya adalah berkompromi. Ketimbang meminta teman Anda mengikuti aturan yang Anda buat, lebih baik membuat tiga hingga 4 aturan utama yang membuat kalian merasa nyaman dan tenang. 

Menciptakan ruang sendiri
Tak peduli selama apapun Anda sudah berteman, tetap saja kita semua membutuhkan ruang sendiri untuk me time. Meski kalian tinggal bersama di kamar yang sempit, kita semua tetap butuh ruang sendiri. Sehingga cobalah untuk memberikan ruang sendiri satu sama lain. Anda bisa pergi berjalan-jalan dan kurangi intensitas telepon untuk memberikan ruang sendiri bagi teman Anda. 

Baca Juga: Ini 12 Hal yang Perlu Anda Tanyakan Sebelum Tinggal Bersama Teman!

Buat sudut personal
Bicara soal ruang sendiri, penting untuk membuat sudut yang menggambarkan kepribadian dan selera Anda. Ini akan membuat kalian memilik ruang yang benar-benar mereka miliki sendiri. 

Saling menjaga kebersihan
Ada baiknya Anda dan teman sekamar kos Anda saling menjaga kebersihan. Tak perlu menunggu jadwal bersih-bersih kamar, lakukan setidaknya buang 6 sampah yang Anda temukan di kamar setiap harinya. Ini akan membuat kamar tetap rapi dan terasa tidak terlalu sempit.

Ungkapkan pendapat Anda
Ketika Anda tinggal di ruang yang kecil seperti kamar kos bersama teman Anda, kalian tidak bisa menghindari konflik. Jika sedang menghadapi konflik, alih-alih mengubur perasaan Anda, lakukan komunikasi secara terbuka untuk mencegah perasaan negatif. Berbicaralah dengan cara yang hormat dan jujur. 

Demikian tips tinggal bersama teman di satu kamar kos. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News