Santai

Ini Perkembangan Gaya Barbie Sejak 1950-an hingga 1977

Ini Perkembangan Gaya Barbie Sejak 1950-an hingga 1977

MOMSMONEY.ID - Sudah menonton film Barbie terbaru? Nah, tahu enggak kalau gaya Barbie selalu mengalami perubahan dari tahun ke tahun? 

Melansir Reader’s Digest, boneka mainan anak, Barbie, telah menjadi mainan yang populer di New York padaa tahun 1959. Sebelum kemunculan Barbie, setiap anak berpikir bahwa bermain dengan boneka berarti berpura-pura menjadi ibunya. 

Namun, berbeda dengan Barbie. Sejak awal ternyata Barbie didesain oleh Ruth Handler sebagai seorang perempuan dewasa yang sudah lulus kuliah dan independen secara finansial. Bahkan setiap seri Barbie memiliki pekerjaan yang berbeda.

Baca Juga: Daftar 5 Makanan Terpedas di Dunia, Ada Sambal Ulek dari Indonesia!

Begini perkembangan gaya Barbie sejak 1950-an hingga 1977

1950an: The Original Barbie

The original Barbie 1959
Barbie atau yang memiliki nama lengkap Barbara Millicent Roberts di tahun ini identik dengan rambut bergelombang. Riasan Barbie di era ini cenderung tebal dan menggunakan baju garis putih hitam.

Barbie di era ini memiliki pekerjaan sebagai balerina, desainer fesyen dan pemain tenis. Seri debut Barbie ini dijual sekitar US$ 3 pada masa tersebut. 

1965: Astronout Barbie

Astronaut Barbie (1965)
Barbie di era ini menggunakan pakaian astronot. Barbie ini muncul setelah digambarkan sebagai perempuan yang bekerja sebagai balerina, desainer fesyen dan pemain tenis. 

1967: Twist and Turn Barbie

Twist & Turn Barbie (1967)
Barbie di era ini mulai bisa digerakan pada bagian kepala dan kaki-tangannya. Selain itu, Barbie hadir dengan warna rambut blonde, coklat muda, brunette atau merah. 

Pada era ini juga, Barbie mulai memiliki model rambut yang lebih panjang dengan poni, mata berwarna biru dan memiliki bulu mata yang ditempel bukan lagi sebuah lukisan. 

1969: Christie

Christie (1969) Barbie
Di tahun ini, Barbie memiliki teman baru bernama Christie yang digambarkan keturunan ras Afrika-Amerika. Christie hadir dengan pakaian renang yang trendi dengan gaya rambut di tahun 60an. 

Baca Juga: Catat Moms! Inilah Sederet Superfood yang Baik untuk Kecantikan Kulit

1971: Malibu Barbie

Malibu Barbie 1971
Pada tahun ini, Barbie memiliki penampilan baru. Dipengaruhi dengan gaya hidup di era ini Barbie hadir dengan senyum yang lebih lebar, kulit putih mutiara dan mata biru yang berkilau.

Menunjukan penampilan yang sangat percaya diri sesuai dengan gerakan feminis yang marak di tahun ini. 

1973: Surgeon Barbie

Surgeon Barbie (1973)

Saat ini Barbie hadir dengan pakaian dokter. Ini menangkap isu bahwa di masa itu tidak banyak perempuan yang bisa menempuh pendidikan kedokteran. 

1977

Barbie 1977

Setelah bekerja sebagai dokter bedah, Barbie memperoleh kesempatan berada di red carpet dengan senyum lebih lebar dan rambut yang lebih panjang dan tebal.

Saat ini Barbie menggunakan eye-shadow biru yang berkilau, lipgloss merah muda yang sedang trend dengan glam disko yang populer di tahun ini. 

Demikian perkembangan gaya Barbie sejak 1950-an hingga 1977. Moms punya koleksi yang mana, nih?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News