Keluarga

Ini Penyebab Mesin Cuci Bergetar Heboh & Mengeluarkan Suara Berisik

Ini Penyebab Mesin Cuci Bergetar Heboh & Mengeluarkan Suara Berisik

MOMSMONEY.ID - Mesin cuci yang tiba-tiba bergetar heboh bisa sangat mengganggu dan menakutkan. Tapi apa penyebabnya?

Moms tentu pernah saat sedang mencuci, tiba-tiba mesin cuci bergetar heboh sendiri. Getaran ini diikuti dengan bergesernya mesin cuci hingga suara yang sangat berisik. Suara ini tentu akan membuat semua orang di rumah jadi kaget. 

Baca Juga: Harga Emas Spot Rebound Karena Perang di Gaza

Melansir House Digest, guncangan yang heboh pada mesin cuci bisa membuat mesin cuci mudah rusak dan membutuhkan perbaikan yang lebih sering. Mesin cuci yang berguncang ini juga akhirnya tidak efisien saat mencuci baju Anda. Lalu apa penyebab mesin cuci bergetar sendiri? 

Anda salah menata baju di dalam mesin cuci
Jika mesin cuci bergetar kecil dan wajar, ini tandanya motor pada mesin tengah bekerja. Namun jika hingga membuat mesin bergeser maka ada yang salah. 

Bisa jadi salah satu alasan utama penyebab mesin cuci bergetar heboh adalah Anda salah menata baju yang akan dicuci di dalam mesin cuci. 

Salah satu kesalahan utama adalah Anda mengisi terlalu penuh dan tidak Anda tata semestinya sehingga menyebabkan mesin cuci tidak imbang. Maka pastikan baju di dalam mesin cuci terdistribusi dengan rata tidak hanya penuh di satu sisi saja. 

Alas mesin cuci tidak rata
Penyebab mesin cuci bergetar heboh selanjutnya mungkin karena alas mesin tidak rata. Sehingga di satu sisi lebih tinggi dan sisi lain lebih rendah.

Pegas suspensi yang sudah usang
Jika mesin cuci Anda bergetar heboh, coba periksa pegas suspensinya. Mungkin saja pegas suspensi mesin cuci Anda sudah usang atau rusak.

Pegas suspensi bertugas untuk menopang dan menstabilkan tabung pada mesin cuci saat digunakan. Pegas ini dapat rusak karena seringnya kita gunakan untuk mencuci. Semakin sering digunakan maka pagas suspensi bisa kehilangan keseimbangannya. 

Bantalan tabung yang sudah aus
Tabung pada mesin cuci dilengkapi sistem pendukung utama yaitu sebuah bantalan. Adapun bantalan ini memungkinkan tabung berputar dengan mudah dan menjaga stabilitas serta kesejajarannya. 

Baca Juga: Mulai dari Cashback, Ini Daftar Promo BNI-Batik Air Travel Fair 2023

Bantalan pada dasarnya bertindah sebagai penghalang pengurang gesekan antara tabung tetap dengan bagian yang bergerak. Fungsinya mencegah keausan berlebihan. Namun seiring berjalannya waktu bantalan ini juga bisa aus dan menyebabkan peningkatan kebisingan dan sulitnya tabung bergerak. 

Agitator yang tidak seimbang
Penyebab mesin cuci berguncang hebat pada mesin cuci bukaan atas mungkin adalah agitator yang tidak seimbang. Agitator adalah mekanisme pusat yang membantu menggerakan baju di bagian dalam bawah tabung mesin. 

Jika agitator ini tidak sejajar atau rusak maka mesin cuci bisa jaditidak seimbang dalam menata beban baju dan mengganggu proses mencuci. Untuk memperbaiknya maka Anda perlu menyesuaikannya kembali atau menggantinya dengan yang baru. 

Itu tadi 5 penyebab mesin cuci Anda bergetar hebat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News