Keluarga

Ini Pentingnya Kehadiran Orangtua Bermain dengan Anak

Ini Pentingnya Kehadiran Orangtua Bermain dengan Anak

MOMSMONEY.ID - Peran orangtua dalam tumbuh kembang anak sangatlah penting. Tak hanya dalam pemenuhan gizi melainkan dalam proses belajar dan bermain buah hati butuh ditemani ibu dan ayahnya.

Hal ini pun diutarakan Alsi Mega Marsha Tengker atau yang akrab disapa Caca Tengker.

Psikolog yang merupakan adik Nagita Slavina ini mengatakan, penting bagi semua orangtua untuk menemani anak dalam setiap kegiatannya.

Tak sekadar menyiapkan dan memikirkan kebutuhan anak, menurut Caca, kehadiran orangtua adalah poin utama dalam tumbuh kembang anak.

"Hadirnya aku untuk bermain dengan anak itu priceless. Yang membuat berharga bukan sekolah mahal, tetapi anak bisa bermain dengan mamanya," sebut Caca beberapa waktu lalu di Plaza Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Ciptakan Arena Bermain Anak, Buumi Playscape Buka Lokasi Kedua di Plaza Senayan

Memiliki dua anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang, menjadi perhatian khusus bagi Caca dan suami. Itulah mengapa, Caca menuturkan, keberadaannya saat anak bermain menjadi momen berharga si kecil.

Di tengah kesibukannya, dia tak segan untuk menyiapkan waktu untuk bermain dengan Ansaira Maisadipta dan Aruni Damina Tamin.

"Tanggungjawabku besar. Selain jadi ibu, aku jadi guru untuk anak-anakku dengan menikmati bermain bersama mereka. Tidak ribet, semudah peek a boo, atau elus-elus saat mau tidur, dan lainnya," ujar Caca.

Tak hanya dirinya, Caca juga bilang, sang suami, Barry Tedja Tamin pun menemaninya bermain dengan anak-anak.

Dalam seminggu, perempuan berusia 34 tahun ini menyebutkan, ada satu hari khusus yang ditetapkan untuk bermain bersama buah hati. Atau, waktunya keluarga.

"Hari minggu itu hari keluarga. Kadang ke playground, supermarket, atau kebun binatang. Yang jelas, bermain dengan anak-anak dan itu tidak bisa diganggu gugat," ungkap Caca.

Baca Juga: Dukung Tumbuh Kembang Anak, 4 Support System Ini yang Para Ibu Butuhkan

Di samping menemani anak saat bermain, Caca terbilang ibu yang memperhatikan banyak hal dalam pemilihan tempat bermain. Maksudnya, tempat bermain yang dipilih harus bersih dan menyenangkan.

Apalagi, menurut Caca, buah hatinya memiliki kesukaan permainan yang berbeda-beda.

"Anak pertama suka main dakon, kalau adiknya role play. Jadi, aku pilih tempat bermain yang bisa memberi rasa emosional atau menjadi wadah bonding,” tuturnya.

Pun dengan kebersihan, Caca merasa menjadi tanggungjawabnya memilih tempat bermain yang higienis.

"Karena aku tanggungjawab ke anak dan teman-teman sekolahnya. Kalau dia sakit, aku merasa bersalah sekali," ungkap Caca Tengker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News