InvesYuk

Ini lo Investasi Jangka Pendek Terbaik yang Bisa Moms Coba

Ini lo Investasi Jangka Pendek Terbaik yang Bisa Moms Coba

MOMSMONEY.ID - Investasi adalah salah satu cara melindungi aset Anda supaya tak habis untuk konsumsi atau terkena inflasi. Lalu, apa saja daftar investasi jangka pendek terbaik? 

Saat melakukan investasi, Moms bertujuan untuk menyimpan sebagian pendapatan Anda untuk masa depan finansial yang aman. Banyak ahli keuangan mengatakan untuk berhasil dalam berinvestasi Anda harus melakukan diversifikasi. 

Artinya, jangan meletakan dana investasi pada satu aset atau portofolio. Coba sebar ke beberapa aset, misalkan 50% di aset jangka panjang dan sisanya di portofolio investasi jangka pendek.

Baca Juga: Reksadana Pasar Uang dan Deposito Jadi Opsi Menarik Investasi Jangka Pendek

Namun apa saja investasi jangka pendek terbaik? 

Apa itu investasi jangka pendek?

Melansir berbagai sumber, investasi jangka pendek adalah kegiatan menyetorkan sejumlah dana untuk disimpan atau dikelola oleh pihak ketiga dengan bukti penyertaan, yang mana dana yang dikelola tersebut akan menghasilkan keuntungan dan dapat dicairkan dalam waktu singkat.

Biasanya, investasi jangka pendek jangka waktu investasinya minimal 1 tahun. Namun bisa saja kurang jika Anda memilih instrumen yang bisa dicairkan kapan pun. 

Apa saja investasi jangka pendek terbaik untuk pemula? 

Mengutip berbagai sumber, ini investasi jangka pendek terbaik untuk pemula:
 

Surat Berharga Negara

Ini adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah. Dalam hal ini pemerintah membutuhkan dana untuk pembangunan, sehingga membutuhkan pinjaman dari masyarakat.

Untuk membuat surat utang ini menarik, pemerintah akan memberikan kupon atau imbal hasil yang sesuai dengan tingkat suku bunga berlaku. Jangka waktu surat utang ini beragam, ada yang satu tahun, tiga tahun hingga 7 tahun. 

Baca Juga: Biaya Admin Murah, Ini Cara Membeli Token Listrik di DANA

Deposito

Bersumber dari laman BCA, deposito merupakan produk tabungan di bank dengan menyetorkan dana selama periode tertentu dan dana akan cair pada tanggal jatuh tempo saja. Bunga dari deposito ini bersifat tetap sampai jatuh tempo. 

Reksadana

Reksadana adalah instrumen investasi di mana sudah ada pihak pengelola yang akan membagi uang Anda ke beberapa aset. Pada dasarnya ada 4 jenis reksadana yang bisa dicairkan kapanpun.

Namun, ada reksadana pasar uang yang khusus disusun untuk investasi jangka pendek. Menurut laman Sunlife, reksadana pasar uang terdiri dari aset deposito, surat berharga komersial dan obligasi jangka pendek.

Demikian investasi jangka pendek terbaik yang cocok untuk pemula. Yuk, Moms mulai investasi sedini mungkin untuk kondisi finansial yang baik di masa depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News