AturUang

Ini Beda Paylater Bank dengan Kartu Kredit, Simak yuk

Ini Beda Paylater Bank dengan Kartu Kredit, Simak yuk

MOMSMONEY.ID - Meskipun sama-sama menawarkan keringanan pinjaman dalam berbelanja berupa cicilan, paylater dan kartu kredit memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, lo. Simak perbedaan keduanya.

Menurut Uly Safitri, Perencana Keuangan Oneshildt, paylater punya kelebihan berupa bunga lebih rendah, limit yang lebih besar, dan proses pengajuan yang lebih mudah.

"Namun, paylater memiliki kekurangan berupa denda keterlambatan yang tinggi," katanya kepada Momsmoney.

Sementara kartu kredit mempunyai kelebihan berupa fleksibilitas penggunaan, rewards, dan cashback. Tapi, kartu kredit punya kekurangan berupa bunga lebih tinggi, limit yang lebih kecil, dan proses pengajuan lebih rumit.

Baca Juga: Ada Perubahan Cara Mengelola THR di Kalangan Masyarakat Digital Savvy

Hanya, Ully mengatakan, paylater lebih cocok untuk kebutuhan yang mendesak atau keperluan dengan nilai yang tidak terlalu besar.

Sedangkan kartu kredit, dia bilang, lebih cocok untuk kebutuhan yang lebih fleksibel atau kebutuhan yang lebih besar. Limit kartu kredit pun biasanya cenderung lebih besar.

Melvin Mumpuni, Perencana Keuangan Finansialku, menambahkan, sebenarnya kartu kredit jauh lebih baik dibanding paylater. Sebab, dengan syarat yang lebih rumit dan limit yang lebih tinggi, kartu kredit yang mendapat julukan duit plastik terbilang lebih aman.

Cuma, Melvin menegaskan, tidak semua orang bisa mendapatkan kartu kredit. Karena, itu tadi, proses pengajuan lebih rumit. "Tidak semua orang bisa dapat credit card," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News