M O M S M O N E Y I D
HOME, Bugar

Ingin Mengontrol Kadar Gula Darah? Segera Konsumsi Makanan Berikut Ini

Reporter: Helvana Yulian  |  Editor: Helvana Yulian


MOMSMONEY.ID - Asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi harus benar-benar diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah bagi kesehatan. Indeks glikemik adalah patokan untuk mengukur efek makanan tertentu pada kadar gula darah, dilansir dari Medical News Today.

Seseorang yang ingin mengontrol gula darahnya harus memilih makanan dengan indeks glikemik rendah atau sedang. Salah satu cara untuk mengontrol gula darah adalah dengan makan makanan yang sehat.

Baca Juga: Inilah Manfaat Buah Sirsak yang Baik untuk Ibu Hamil

Dirangkum dari US National Library of Medicine National Institutes of Health, ada sederet makanan yang bisa turunkan kadar gula:

1. Kacang-kacangan

Makanan yang bisa turunkan kadar gula pertama adalah kacang-kacangan. Kacang sangat kaya serat makanan dan memiliki skor glikemik di bawah 55.

Kacang juga mengandung protein nabati tingkat tinggi, asam lemak tak jenuh, vitamin, flavonoid, magnesium, dan kalium.

Pilihlah kacang-kacangan utuh yang belum banyak diolah untuk mendapatkan manfaat kesehatan, salah satunya mengontrol gula darah. 

2. Bawang putih

Makanan yang bisa turunkan kadar gula kedua adalah bawang putih. Bawang putih merupakan bahan populer untuk diabetes dan berbagai macam kondisi lainnya.

Senyawa dalam bawang putih dapat membantu mengurangi gula darah dengan meningkatkan sensitivitas dan sekresi insulin.

3. Yoghurt

Makanan yang bisa turunkan kadar gula ketiga adalah yogurt. Rutin mengonsumsi yoghurt yang tidak dicampur dengan perasa diketahui dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Sebenarnya, peneliti masih belum yakin mengapa yogurt dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Namun, fakta yang bisa ditarik adalah yoghurt tawar termasuk makanan rendah glikemik.

4. Oatmeal

Makanan yang bisa turunkan kadar gula keempat oatmeal. Oat mengandung B-glukan yang membantu menjaga kontrol glikemik dan skor glikemik di bawah 55.

Jadi, sudah dipastikan kalau makanan yang satu ini tidak menyebabkan lonjakan maupun penurunan kadar gula darah.

Beberapa manfaat penting yang terkandung dalam oat contohnya mengurangi respons glukosa dan insulin setelah makan, meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi lipid atau lemak dalam darah. 

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jantung Pisang untuk Tubuh

5. Ubi jalar

Makanan yang bisa turunkan kadar gula kelima adalah ubi jalar. Selain bergizi, ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ubi jalar mengandung lebih banyak serat daripada kulitnya.

Ubi jalar dapat membantu menstabilkan atau menurunkan kadar gula darah pada manusia, tidak diragukan lagi ubi jalar merupakan makanan sehat dan bergizi dengan skor glikemik yang rendah.

Baca Juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

6. Buah-buahan

Makanan yang bisa turunkan kadar gula keenam adalah buah-buahan. Sebagian besar buah-buahan indeks glikemik rendah yaitu kurang dari 55.

Buah-buahan mengandung banyak air dan serat yang dapat menyeimbangkan gula alami (fruktosa). Nah, untuk mendapatkan manfaat ini, sebaiknya konsumsi buah secara utuh, bukan diolah menjadi jus. 

 Inilah sederet makanan yang bisa turunkan kadar gula dan bisa Anda konsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

6 Minuman yang Terlihat Tinggi Gula tapi Ternyata Kaya Nutrisi

Tahukah bahwa ada minuman yang terlihat tinggi gula tapi ternyata kaya nutrisi, lho. Yuk, intip selengkapnya di sini!  

Peringatan Dini BMKG Cuaca Besok (10/6), Hujan Lebat Landa Provinsi Ini

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca besok Rabu 10 Juni 2026 dengan status Siaga hujan sangat lebat dan Waspada hujan lebat di provinsi ini.

Klik di Sini Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Mozambik FIFA Matchday Sekarang

Ini dia link live streaming Timnas Indonesia vs Mozambik malam ini lengkap dengan jadwal, prediksi pemain, dan peluang Garuda.

Ramalan Zodiak Besok Rabu 10 Juni 2026 dari Aries Dapat Kejutan hingga Pisces Panen

Berikut ini ramalan zodiak besok Rabu 10 Juni 2026, cek peruntungan cinta, karier, keuangan, dan kesehatan yang lengkap di sini.​

Penampilan Perdana Le Sserafim Bawakan Boompala Bisa Disaksikan di Spotify lo

Pada 2023,  Le Sserafim terpilih sebagai artis Spotify RADAR yang kini sudah berkarya secara global melalui Spotify.

Udara Kabur di Daerah Ini, Cek Prakiraan Cuaca Jawa Timur Besok Rabu (10/6)

Prakiraan BMKG cuaca besok sebagian besar wilayah Jawa Tengah udara kabur dan berawan pada Rabu (10/6).

Hasil Australian Open 2026, Tiga Wakil Indonesia Melaju ke Babak 16 Besar

Hasil Australian Open 2026 Babak 32 Besar hari pertama, Selasa (9/6), tiga wakil Indonesia melaju ke 16 besar, dua lainnya terhenti.

Prakiraan Cuaca Jawa Tengah Besok Rabu (10/6): Cerah Mendominasi, Hujan di Sini

Prakiraan BMKG cuaca besok sebagian besar wilayah Jawa Tengah cerah pada Rabu (10/6), hujan turun di beberapa daerah.

Nokia dan Indosat Kolaborasi Meningkatkan Jaringan 5G dan Hadirkan Layanan AI

Nokia, Indosat, dan NVIDIA menunjukkan bagaimana 5G dan AI dapat dihadirkan secara bersamaan untuk mendukung inklusi digital wilayah Indonesia. 

Panas 35 Derajat di Kota Ini, Cek Prakiraan Cuaca Jawa Barat Besok Rabu (10/6)

BMKG memprakirakan seluruh wilayah Jawa Barat diprakirakan berawan besok, Rabu (10/6), kecuali Cianjur yang diprediksi hujan.