Santai

Ingin Jadikan Tanaman Hias Sebagai Dekorasi? Ketahui 10 Aturan Ini agar Estetik

Ingin Jadikan Tanaman Hias Sebagai Dekorasi? Ketahui 10 Aturan Ini agar Estetik

MOMSMONEY.ID - Menjadikan tanaman hias sebagai dekorasi merupakan ide yang bagus. Namun, Anda perlu mengetahui aturan dalam menjadikan tanaman hias sebagai dekorasi. 

Beberapa orang pasti menjadikan tanaman hias sebagai dekorasi tanpa mengikuti aturan. Padahal, aturan ini akan memudahkan Anda dan menjadikan tampilan lebih estetik. 

Penting untuk mengetahui jenis tanaman hias yang bisa digunakan sebagai tanaman hias. Ada beberapa variasi ukuran, bentuk, tekstur, dan corak untuk dijelajahi saat mendekorasi rumah dengan tanaman. 

Baca Juga: Rekomendasi Tanaman Hias di Kamar Mandi yang Estetik, Jadi Terlihat Minimalis

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini 10 aturan jadikan tanaman hias sebagai dekorasi. 

1. Tanaman Tinggi

Pilih setidaknya satu tanaman hias tinggi untuk menciptakan kesan di kamar Anda. Anda dapat memilih tanaman karet, palem dalam ruangan, atau daun ara klasik. 

Alasan mengapa Anda harus memilih varietas ini adalah untuk menambahkan titik fokus pada ruangan.

2. Tanaman Gantung

Jika Anda ingin mendekorasi rumah Anda dengan tanaman merambat, pertimbangkan philodendron, pakis, atau pothos. Mereka tampak luar biasa di keranjang gantung.

Alasan Anda harus menyertakan tanaman gantung adalah kenyataan bahwa dengan cara ini, Anda dapat menghemat banyak ruang sambil menambahkan sentuhan tanaman hijau di dalam ruangan dengan tampilan spektakuler batang menjuntai dan dedaunan yang terlihat setinggi mata Anda.

3. Tanaman dengan Cahaya Rendah 

caladium bicolor

Beberapa tanaman membutuhkan cahaya terbatas dan juga dapat tumbuh dengan baik di lokasi yang tidak banyak terkena sinar matahari, seperti Peace Lilies, Snake Plants, dan Spider Plants. 

Alasan mengapa tanaman ini merupakan pilihan bagus untuk tempat tinggal dan kamar tidur adalah karena tanaman ini akan dengan senang hati tinggal di tempat teduh hampir sepanjang hari. 

Baca Juga: 8 Sampah Dapur Jadi Tanaman Hias Menarik, Manfaatkan Bibit Tak Terduga Ini

4. Tanaman Pemurni Udara

Beberapa contoh umum tanaman pemurni udara yang terbaik untuk rumah Anda antara lain Pakis, Tanaman Cemara Cina, Tanaman Laba-laba, dan Pothos. 

Faktanya, mereka memastikan udara dalam ruangan tetap bebas dari VOC berbahaya dan elemen lain yang mungkin memiliki efek buruk jangka panjang pada kesehatan Anda.

5. Sukulen

Sukulen mudah dirawat dan mudah dirawat, itulah alasan nomor satu mengapa Anda harus memasukkannya ke dalam ruangan.

Pilih Zebra Haworthia, Lace Aloe, dan Echeveria jika Anda menginginkan tanaman cantik dengan kebutuhan minimal. 

6. Singkirkan Tanaman dari Lantai

Menjauhkan tanaman dari lantai tidak hanya akan membuatnya terlihat lebih baik tetapi juga memudahkan Anda merawatnya karena Anda tidak perlu membungkuk terhadap air. Itu juga akan membuat mereka tampak tinggi.

Baca Juga: 9 Ragam Jenis Lidah Mertua yang Menakjubkan, Cocok Jadi Tanaman Hias di Rumah

7. Bermain dengan Warna

Mainkan padu padankan dengan warna pekebun, dan jangan berlebihan. Namun, koordinasi warna berarti Anda harus memilih corak yang saling melengkapi dan tidak terlihat membosankan. 

Misalnya, warna coklat dan abu-abu tidak saling melengkapi, sedangkan oranye, kuning, dan biru terlihat cantik. 

Berikut beberapa ide untuk mengoordinasikan warna pot Anda:

- Bersikaplah netral dengan pot yang memiliki tekstur atau pola menarik. 

- Pilih beberapa wadah dengan warna yang sama tetapi dalam ukuran atau bentuk berbeda. 

- Beli pot yang sama dengan berbagai warna pelengkap. 

- Selalu tambahkan bunga dalam ruangan dan tanaman beraneka ragam untuk menghadirkan daya tarik yang hidup.

- Jangan berlebihan dan gunakan maksimal 3-4 kombinasi warna.

8. Campurkan Berbagai Ketinggian dan Bentuk

Tanaman tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan Anda dapat memilih untuk mendekorasi dengan tanaman yang sama atau tanaman berbeda dengan bentuk dan ukuran serupa.

Baca Juga: Deretan Twibbon Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, World Environment Day

Namun, memadukan dan mencocokkan ketinggian dan bentuk yang berbeda adalah hal yang menyenangkan untuk memberikan sentuhan menarik pada rumah Anda. Bermainlah dengan variasi tekstur dan warna juga. 

9. Buat Vertikal

Bahkan ruangan terkecil pun bisa memiliki ruang untuk tanaman. Manfaatkan ruang sempit di dinding terbuka untuk memasang kait secara vertikal dan menggantung pot tanaman kecil. Menjadi vertikal bisa menjadi pilihan sempurna untuk rumah mana pun dengan ruang terbatas. 

10. Gabungkan dengan Item Lain

Bagian terbaiknya adalah tanaman bisa terlihat cantik jika diletakkan di samping hampir semua hal. Jika Anda sudah memiliki rak yang mencolok, Anda bisa menempatkan tanaman hias berwarna hijau untuk menambah pesonanya.

Tanaman terlihat bagus jika dipadukan dengan tumpukan buku, bingkai foto atau foto gantung, patung berbeda, atau apa pun yang bisa Anda buat. 

Cobalah memasangkan tanaman dengan meja kayu, kotak tempat surat, papan nama kayu, patung abstrak, hiasan tengah dan pahatan geometris, perkakas, furnitur, cermin, dan banyak lagi. 

Nah itulah beberapa aturan menjadikan tanaman hias sebagai dekorasi di rumah. Simak aturannya dan terapkan di rumah Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News