Santai

Info Arus Balik Hari Terbaru, Ini Jumlah Saldo E-Toll yang Harus Anda Siapkan

Info Arus Balik Hari Terbaru, Ini Jumlah Saldo E-Toll yang Harus Anda Siapkan

MOMSMONEY.ID -  Anda akan melewati jalan tol saat arus arus balik selama Lebaran 2023 ini? Hindari kekurangan saldo e-Toll, ini saldo yang wajib Anda siapkan.

PT Jasa Marga Tbk  mengimbau pengguna jalan yang akan memulai perjalanan arus balik kembali ke Jabotabek untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik (e-toll) yang digunakan dalam perjalanan. Sebab masih banyak kendaraan yang masih mengalami kekurangan saldo. 

Baca Juga: Pahami 4 Cara Mengatasi Bekas Gigitan Serangga dengan Benar

Dengan adanya saldo e-toll kurang dan dilakukannya top up e-toll di gardu tol, maka akan mengakibatkan waktu penundaan yang cukup signifikan. Biasanya dalam satu menit Jasa Marga bisa melayani transaksi hingga 5 kendaraan. Namun jika ada kendaraan yang kekurangan saldo, maka dalam satu menit Jasa Marga hanya bisa melayani satu kendaraan. Jika demikian, maka pada puncak arus balik bisa terjadi penumpukan kendaraan yang signifikan. 

Berapa saldo e-toll yang perlu disiapkan saat mudik maupun balik lewat tol?

Pengguna jalan tol dengan perjalanan menerus untuk arus balik, terutama dari arah Semarang menuju Jakarta, harus menyiapkan e-toll dengan saldo minimal sebesar Rp 500.000. Sedangkan untuk pengguna jalan dari Surabaya, agar menyiapkan e-toll dengan saldo minimal sebesar Rp 800.000.

Selain itu Jalan Tol Trans Jawa menggunakan sistem transaksi tertutup (tarif sesuai jarak), hanya bisa menggunakan e-toll yang sama saat tap in dan tap out sehingga saat saldo kurang tidak bisa meminjam e-toll pengguna jalan lainnya.

Baca Juga: WhatsApp Rilis Fitur Akun WA yang Sama untuk 4 Ponsel Sekaligus

Jasa Marga kembali mengimbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan, di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo e-toll dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi prima.

Saat memasuki GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mematuhi rambu dan arahan petugas karena gangguan sekecil apapun yang terjadi akan berdampak pada arus lalu lintas yang ada dan mengakibatkan antrean kendaraan.

Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas juga bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA, aplikasi Travoy dan media sosial resmi Jasa Marga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News