HOME, InvesYuk

IHSG Menguat Lagi, Ini Faktor Penopangnya

IHSG Menguat Lagi, Ini Faktor Penopangnya

MOMSMONEY.ID - Di tengah pengumuman Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberlakukan perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) justru tampil prima akhir perdagangan, Selasa (3/8).

Mengutip data Bursa Efek Indonesia melalui RTI, IHSG menguat sebanyak 34,03% atau naik 0,56% ke level 6.130,57. Dari data tersebut, nilai transaksi hari ini mencapai Rp 13,3 triliun dan jika dilihat, investor asing membeli bersih Rp 200 miliar di pasar reguler. Ada 244 saham naik, 269 saham turun, dan 137 saham stagnan.

Penguatan IHSG kali ini, menurut analisa Pengamat Pasar Saham MNC Asset Management, Edwin Sebayang, disebabkan sejumlah faktor. Salah satunya adalah menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) dan turunnya yield obligasi AS dan ORI untuk tenor 10 tahun.

Baca Juga: Investor asing banyak melego saham-saham ini saat IHSG menguat, Selasa (3/8)

Menurut Edwin, pengumuman perpanjangan PPKM level 4 yang berlanjut sampai 9 Agustus, tidak berpengaruh terhadap pergerakan IHSG. "IHSG jika dilihat sudah price in," kata Edwin.

Sekadar informasi, nilai tukar rupiah di Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI) ada di level Rp 14.362 per dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Selasa (3/8). Nilai ini menguat 0,65% dari sehari sebelumnya yang ada di Rp 14.456 per dolar AS. 

Untuk perdagangan saham besok, Edwin memperkirakan, IHSG masih akan menguat di rentang 6.079 sampai 6.171. Beberapa saham yang layak dicermati dan dibeli menurut Edwin adalah ASII, MTDL, INTP, BBCA, dan PGAS.

Baca Juga: Investasi Emas di Pegadaian, Ada Cashback untuk ASN dan Guru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News