Bugar

Ibu Menyusui Wajib Konsumsi Gizi Berikut, biar Anak Tumbuh dengan Baik

Ibu Menyusui Wajib Konsumsi Gizi Berikut, biar Anak Tumbuh dengan Baik

MOMSMONEY.ID - Menyusui adalah tahap krusial dalam kehidupan seorang ibu dan bayi, sehingga perlu konsumsi gizi yang cukup. Nustrisi ini akan berpengaruh terhadap tumbuh dan kembang buah hati. 

Monique Carolina Widjaja, Dokter Spesialis Gizi Klinis dari Rumah Sakit Mentari, mengatakan, ada bebrapa hal yang bisa diperhatikan untuk kebutuhan gizi bagi ibu menyusui agar ASI berkualitas tinggi.

Pertama, asupan kalori yang adekuat. Pasalnya, produksi ASI memerlukan energi yang cukup dari tubuh ibu. Sebagai rekomendasi umum, ibu menyusui membutuhkan tambahan 500 hingga 700 kalori per hari dari diet normalnya. 

"Kebutuhan kalori ini dapat berbeda-beda tergantung pada aktivitas fisik, berat badan, dan tingkat produksi ASI," kata Monique. 

Baca Juga: Bisa Meningkatkan Kemampuan Otak, Ini 5 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Anak

Kedua, protein untuk pertumbuhan dan perkembangan. Monique bilang, protein merupakan nutrisi esensial untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Sebagai ibu menyusui, pastikan asupan protein Anda mencukupi agar bayi mendapatkan nutrisi yang optimal. Sumber protein berkualitas tinggi dapat diperoleh dari daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, telur, dan produk olahannya.

Ketiga, konsumsi asam lemak omega-3 dan omega-6. Asam lemak omega-3 dan omega-6 memiliki peran penting dalam perkembangan otak dan sistem saraf bayi. 

"Ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi ikan berlemak, kacang-kacangan, serta minyak biji rami dan minyak ikan untuk memastikan asupan asam lemak esensial yang mencukupi," jelas Monique. 

Baca Juga: Cek, 6 Manfaat Bunga Turi untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Keempat, kalsium untuk kesehatan tulang. Monique menuturkan, kalsium adalah mineral penting yang diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi ibu dan bayi.

Selama menyusui, tubuh ibu akan menyerap kalsium lebih efisien. Sehingga, pastikan untuk mendapatkan asupan yang mencukupi melalui sumber susu rendah lemak, produk olahan susu, atau sumber makanan lain yang kaya kalsium.

Kelima, pentingnya zat besi untuk pencegahan anemia. Anemia atau kekurangan zat besi adalah masalah umum pada wanita menyusui. Zat besi diperlukan untuk membantu membentuk sel darah merah dan mencegah anemia.

Konsumsi makanan kaya zat besi, seperti daging merah, hati, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau, dapat membantu mencegah kekurangan zat besi.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Inilah 5 Manfaat Buah Apel untuk MPASI

Keenam, konsumsi vitamin dan mineral lainnya. Saran Monique, pastikan juga untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral lainnya yang cukup, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin B12, dan folat.

Vitamin dan mineral ini memiliki peran penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh dan perkembangan bayi yang sehat.

Ketujuh, ibu menyusui memerlukan cukup cairan. Ingatlah pentingnya memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

"Minumlah air secukupnya, karena menyusui dapat meningkatkan kebutuhan cairan tubuh Anda," kata Monique.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News