BisnisYuk

IBM Gelar Pelatihan AI Gratis untuk Generasi Muda dan Perempuan di Indonesia

IBM Gelar Pelatihan AI Gratis untuk Generasi Muda dan Perempuan di Indonesia

MOMSMONEY.ID - Ada pelatihan gratis seputar artificial intelligence atau AI dari IBM Indonesia. Senin (26/8), IBM berkolaborasi dengan organisasi non-profit Markoding dan Universitas Ciputra memberikan pelatihan gratis.

Pelatihan gratis dari IMB ini untuk ribuan pelajar generasi muda dan profesional di Indonesia. Pelatihan tersebut dikemas dalam program IBM SkillsBuild. 

Markoding membuka akses bagi 1.300 perempuan di seluruh Indonesia untuk pelatihan pengembangan web dan desain UX, jalur pembelajaran baru, serta mentorship melalui IBM SkillsBuild for Adult Learners. 

Sementara seluruh mahasiswa Universitas Ciputra baik yang di Surabaya, Makassar, dan program Distant Learning (pembelajaran jarak jauh), akan mendapat akses pembelajaran materi dasar AI, AI generatif, etika AI, penulisan prompt, machine learning, dan banyak lagi melalui IBM SkillsBuild for Academia.

Menurut Studi CEO terbaru dari IBM Institute for Business Value, para CEO yang disurvei di Indonesia menghadapi tantangan budaya dan tenaga kerja saat mereka bergerak cepat menerapkan dan mengembangkan kecerdasan buatan generatif di seluruh lini bisnis mereka. 

Sebanyak 51% CEO Indonesia yang mendorong organisasi mereka untuk mengadopsi AI generatif dengan cepat tidak mempertimbangkan sepenuhnya kenyamanan dan dampak langsung AI generatif terhadap karyawan mereka. 

Hal tersebut menjadikan peningkatan keterampilan terhadap tenaga kerja sebagai elemen penting untuk mendukung visi pemerintah Indonesia Emas 2045, menuju negara yang berdaulat, maju, dan berkelanjutan pada saat peringatan seratus tahunnya.

Baca Juga: IBM Mencatat Kerugian Akibat kebocoran Data Capai Rekor Tertinggi

Pada 2022, IBM menargetkan untuk melatih satu juta perempuan dan anak perempuan di kawasan Asia-Pasifik, termasuk Indonesia, dalam lima tahun ke depan.

"Per 30 April 2024, kami telah berhasil menjangkau hampir 650.000 perempuan dewasa dan anak perempuan," kata Justina Nixon-Saintil, Vice President and Chief Impact Officer at IBM.

Markoding (Yayasan Daya Kreasi Anak Bangsa) atau "Mari kita koding!" adalah sebuah organisasi non-profit yang didirikan pada tahun 2017 dan berpusat di Jakarta, dengan misi membantu generasi muda yang kurang beruntung untuk menjadi generasi inovator, lewat pembekalan keterampilan abad ke-21. 

Organisasi ini melihat bahwa Indonesia akan menghadapi kekurangan tenaga kerja Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dengan perkiraan kekurangan hingga sekitar sembilan juta pekerja TIK yang terampil dan semi-terampil antara tahun 2015-2030. 

Markoding berharap dapat membantu menawarkan keterampilan yang relevan untuk peluang kerja baru di sektor TIK yang tidak memerlukan pendidikan atau gelar formal.

Universitas Ciputra berfokus untuk mencetak lulusan dengan keterampilan berpikir dan kemampuan sosial yang diperlukan untuk menjadi pemecah masalah bagi kebutuhan riil berbagai lapisan masyarakat.

Dengan fokus pada pendidikan berbasis kewirausahaan, universitas ini  menanamkan 7 Jiwa Kewirausahaan yaitu minat, kemandirian, kepekaan terhadap pasar, kreativitas, keberanian mengambil risiko, ketekunan, dan standar etika yang tinggi.

Baca Juga: Perusahaan Lokal Ini Sukses Berikan Solusi Inovatif Bisnis dengan Menggunakan AI IBM

Markoding dan Universitas Ciputra bergabung dengan mitra IBM SkillsBuild seperti program Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama mitra pelatihan Infinite Learning, Hacktivate, dan Skilvul. 

Tiga angkatan dengan jumlah seribu mahasiswa telah dilatih dalam Red Hat Certified System Administrator dan Artificial Intelligence.

Saat ini, telah ada ribuan lulusan yang telah memperoleh badge digital dalam bidang AI, Keamanan Siber, Data Science, dan Hybrid Cloud yang dengan bangga dapat dipamerkan di media sosial dan resume mereka.

"Adopsi AI generatif yang terus berkembang dengan cepat di Indonesia menegaskan pentingnya tenaga kerja yang terampil. Kemitraan Markoding dengan IBM adalah langkah yang signifikan untuk mengatasi tantangan tersebut," ungkap Amanda Simandjuntak, Founder Markoding, Perempuan Inovasi.

Jadi, dengan membekali 1.300 wanita dengan keterampilan digital yang dibutuhkan, para wanita bisa berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia dan ekosistem inovasi digital. 

Prof. Dr. Ir. Denny Bernardus, M.M, Sekretaris Dewan Eksekutif Universitas Ciputra, mengatakan, kemitraan bersama IBM melalui program SkillsBuild sejalan dengan misi Universitas Ciputra dalam membangun pola pikir kewirausahaan.

Dan, pemikiran inovatif di seluruh kampus termasuk lewat penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh. 

Baca Juga: Layanan IBM Watsonx Bantu Sektor Keuangan Terapkan AI Untuk Perkuat Bisnis

"Melalui penyertaan sumber daya IBM ke dalam kurikulum kami, kami tidak hanya mempersiapkan mahasiswa untuk memainkan peran penting pada visi Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi pemimpin di bidang AI dan teknologi digital di masa depan," kata Denny. 

Roy Kosasih, President Director, IBM Indonesia, bilang, sebagai bagian dari komitmen IBM untuk mendukung visi Indonesia Emas 2045, IBM siap mendampingi organisasi-organisasi di Indonesia dalam mengevaluasi ulang kebutuhan keterampilan dan peran pekerjaan di era AI.

IBM akan memberikan dukungan untuk meningkatkan kapasitas tenaga kerja mereka yang sekarang dan di masa depan.

"Perlu dicatat bahwa banyak perusahaan kemungkinan besar sudah memiliki talenta yang dapat membantu meningkatkan produktivitas dan mengidentifikasi potensi kesenjangan dalam hal efisiensi," sebutnya.

"Dengan demikian, sebuah budaya yang membantu karyawan melihat nilai penggunaan keterampilan teknologi terbaru seperti AI dan keamanan siber akan menghasilkan inovasi baru dalam bisnis," ujar dia. 

Sekedar informasi, IBM SkillsBuild adalah program pendidikan gratis yang bertujuan untuk meningkatkan akses ke pendidikan teknologi.

Baca Juga: Hasil Surevi IBM: Sektor Keuangan & Manufaktur Lokal Sudah Investas Program Pilot AI

Melalui program ini, IBM mendukung para pelajar dewasa, siswa sekolah menengah, mahasiswa dan dosen, untuk mengembangkan keterampilan baru yang berharga dan mengakses peluang karir.

Program ini mencakup platform daring yang dilengkapi dengan pengalaman pembelajaran praktis yang telah disesuaikan, yang dilakukan dengan kerja sama dengan jaringan mitra global.

Versi terbuka dari IBM SkillsBuild adalah platform daring yang menawarkan lebih dari 1.000 kursus dalam dua puluh bahasa mengenai AI, keberlanjutan, keamanan siber, analisis data, komputasi awan, dan banyak disiplin teknis lainnya, serta keterampilan tempat kerja seperti desain berpikir.

Peserta dapat memperoleh kredensial digital, IBM yang diakui oleh pasar.

Versi yang lebih lengkap dari IBM SkillsBuild juga dapat mencakup workshop, percakapan dengan ahli melalui pelatih dan mentor IBM, pembelajaran berbasis proyek, akses ke perangkat lunak IBM, dukungan khusus dari mitra selama proses pembelajaran, serta koneksi ke peluang karir. 

Berbagai kolaborasi IBM ini mendukung komitmen global IBM untuk membekali 30 juta orang dengan keterampilan yang dibutuhkan pada tahun 2030, dan IBM telah mencapai lebih dari 11,5 juta pelajar di seluruh dunia.

Selanjutnya: YLKI Beri Nilai Merah Soal Pengendalian Tembakau di Era Jokowi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News