Keluarga

Hubungi 119 atau Aplikasi SATUSEHAT Saat Alami Kondisi Darurat Medis!

Hubungi 119 atau Aplikasi SATUSEHAT Saat Alami Kondisi Darurat Medis!

MOMSMONEY.ID - Apabila Anda mengalami layanan darurat medis bisa hubungi 119 atau melalyi aplikasi SATUSEHAT.

Melansir Kementerian Kesehatan, layanan darurat medis 119 di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI kini semakin mudah diakses bagi masyarakat yang hendak membutuhkan respons cepat untuk layanan kegawatdaruratan medis. 

Baca Juga: Promo BCA x Dekoruma, Ada Diskon Rp 75.000 Tiap Jumat

Masyarakat dapat menghubungi darurat medis 119 melalui aplikasi SATUSEHAT Mobile di ponsel masing-masing.

Mekanisme saat menghubungi nomor darurat medis 119 melalui SATUSEHAT Mobile secara umum sama seperti panggilan telepon biasa. Perbedaannya terletak pada akses yang lebih mudah melalui aplikasi.

Akses cepat darurat medis 119 melalui SATUSEHAT Mobile dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Tekan lama aplikasi SATUSEHAT
  2. Tekan “Darurat Medis” untuk hubungi 119
  3. Ikuti petunjuk dan jelaskan kondisi yang dialami
  4. Bantuan medis dan ambulans akan datang ke lokasi Anda

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Horor Modern yang Ceritanya Menegangkan dan Seram

Mekanisme panggilan darurat medis 119 telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2016 tentang Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu. 

Dalam aturan, setelah tim Public Safety Center (PSC) menerima panggilan darurat, operator akan mengindetifikasi kebutuhan layanan.  

Panggilan yang bersifat gawat darurat segera ditindaklanjuti oleh PSC kabupaten/kota sehingga penanganan kegawatdaruratan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat mendapat respons cepat.

Baca Juga: Penyebab Sakit Kepala Berdasarkan Letaknya, Dari Migrain sampai Sakit Kepala Sinus

PSC atau Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu berjejaring dengan fasilitas pelayanan kesehatan terdekat dari lokasi kejadian untuk memobilisasi ataupun merujuk pasien guna mendapatkan penanganan gawat darurat. 

Pelayanan medik yang diberikan oleh darurat medis 119 antara lain, panduan tindakan awal melalui algoritma gawat darurat, mengirim bantuan petugas dan ambulans, serta mengantar pasien ke fasilitas kesehatan terdekat.

Layanan PSC yang dapat diakses meliputi penanganan kegawatdaruratan menggunakan protokol yang tepat, kebutuhan informasi terkait ketersediaan ruang di rumah sakit, informasi fasilitas kesehatan terdekat, serta informasi mengenai ambulans.

Baca Juga: Begini Cara Tepat Membersihkan Vacuum Cleaner

Masyarakat yang menghubungi darurat medis 119 akan mendapatkan informasi terkait kebutuhan layanan emergensi yang diperlukan, misalnya, ambulans.

Jika penelepon membutuhkan layanan ambulans, maka penelepon akan mendapatkan informasi dan akses untuk melacak ambulans tersebut. Hal ini terkait waktu tiba, waktu tempuh ke fasilitas kesehatan, serta jarak dari lokasi ke fasilitas kesehatan.

Respons Cepat Tanggap

Dengan terintegrasi di SATUSEHAT Mobile diharapkan informasi terkait rekam medis atau medical record korban/pasien pasien bisa terintegrasi, mulai dari layanan ambulans di pra-rumah sakit, dengan layanan di rumah sakit, dan antar rumah sakit.

Pra-rumah sakit adalah pelayanan medis darurat yang diberikan kepada korban sebelum mereka sampai ke rumah sakit.

Baca Juga: Promo Mandiri x Dekoruma, Ada Potongan Rp 150.000 lo

Selain itu, integrasi layanan darurat medis 119 dengan SATUSEHAT Mobile diharapkan dapat mempercepat respons tanggap darurat medis.

Lebih lanjut, masyarakat di seluruh kabupaten/kota di Indonesia dapat mengakses layanan darurat 119. Artinya, masyarakat tetap dapat menghubungi layanan 119 melalui nomor yang sama dari wilayahnya masing-masing.

Sementara itu, daerah yang belum memiliki PSC, panggilan kegawatdaruratan tersebut diteruskan ke rumah sakit terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News