HOME, Bugar

Hindari Eksfoliasi Terlalu Sering, Pahami 5 Kesalahan Saat Membersihkan Wajah

Hindari Eksfoliasi Terlalu Sering, Pahami 5 Kesalahan Saat Membersihkan Wajah

MOMSMONEY.ID - Membersihkan wajah tidak boleh sembarangan, tentunya Anda perlu merawat wajah dengan benar agar tidak menambah masalah kulit wajah lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kesalahan-kesalahan membersihkan wajah yang mungkin saja pernah Anda lakukan. Melansir dari garnier.co.id, ada beberapa kesalahan saat membersihkan wajah, yaitu:

 1. Tidak membersihkan makeup dahulu

Kesalahan saat membersihkan wajah pertama adalah tidak membersihkan makeup dahulu. Setelah seharian beraktivitas, mungkin Anda merasa sangat lelah untuk membersihkan make up.

Namun, ada baiknya Anda membersihkan makeup dulu dengan makeup remover sebelum membersihkan wajah dengan facial foam agar proses pembersihan wajah benar-benar sempurna. Sebab, sisa make up yang masih menempel di wajah bisa menimbulkan masalah baru seperti jerawat.

2. Memilih produk pembersih wajah tidak sesuai

Kesalahan membersihkan wajah selanjutnya adalah memilih produk pembersih yang tidak sesuai jenis kulit.  Anda mungkin merasa bahwa semua produk pembersih wajah sama tetapi itu tidak benar. Teliti dahulu sebelum membeli produk pembersih wajah dan sesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda. 

Baca Juga: Merawat Kulit Kering, Ketahui 5 Manfaat Susu untuk Kecantikan Wajah

3. Menggunakan air hangat

Banyak yang beranggapan bahwa air hangat cocok digunakan untuk membersihkan wajah sehari-hari karena dianggap bisa melembabkan kulit. Namun, jika dilakukan secara terus menerus maka air panas akan membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Sebaiknya gunakan air dengan suhu normal atau dingin untuk kulit wajah. 

4. Menggosok wajah dengan kasar dan tergesa-gesa

Saat membersihkan wajah sebaiknya luangkan waktu Anda minimal 2 menit untuk membersihkan wajah dan berikan pijatan pada bagian T-zone yakni dahi, hidung, dan dagu yang biasanya lebih banyak menghasilkan minyak.

Bersihkan wajah secara menyeluruh dan tidak tergesa-gesa. Selain itu, jangan menggosok wajah terlalu kasar karena kulit wajah cukup sensitif dibandingkan dengan kulit bagian tubuh lain. 

5. Melakukan eksfoliasi terlalu sering

Kesalahan saat mencuci muka selanjutnya adalah melakukan eksfoliasi terlalu sering. Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kulit akan menjadi cerah, lembab dan terhindar dari masalah kulit seperti jerawat dan komedo.

Namun, jika melakukan eksfoliasi secara berlebihan dan sembarangan bisa membuat kulit mengalami kering, iritasi, dan radang, yang berisiko menyebabkan jerawat. Disarankan lakukan satu hingga kali seminggu menggunakan scrub.

Lakukanlah eksfoliasi dengan jari tangan yang sudah bersih dan berikan pijatan secara melingkar ke seluruh wajah. Kemudian keringkan dengan handuk lembut yang lembap untuk meminimalisir tergores atau tertariknya kulit wajah. 

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Pelembab Wajah untuk Remaja dan Harga Terjagkau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News