InvesYuk

Harga Emas Dunia Tergelincir, Pasar Tunggu Sinyal Penurunan Suku Bunga dari FOMC

Harga Emas Dunia Tergelincir, Pasar Tunggu Sinyal Penurunan Suku Bunga dari FOMC

MOMSMONEY.ID - Harga emas dunia hari ini turun. Logam mulia kurang tenaga gara-gara pergeseran ekspektasi penurunan tingkat suku bunga AS.

Mengutip Bloomberg, Senin (18/3) hingga pukul 13.10 WIB, harga emas spot diperdagangkan di level US$ 2.147,87 per troi ons, tergelincir 0,37% dibandingkan penutupan Jumat lalu. Koreksi harga emas hari ini melanjutkan penurunan yang sebesar 1,1% pada minggu lalu. 

Pelaku pasar emas mengantisipasi pertemuan pejabat bank sentral dalam FOMC meeting 19-20 Maret 2024, untuk mencari petunjuk kapan Federal Reserves (Fed) akan beralih ke penurunan suku bunga.

Meskipun otoritas bank sentral pada Desember lalu mengatakan bahwa mereka mengantisipasi pemotongan suku bunga sebesar tiga perempat poin pada 2024, tetapi serangkaian angka inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan yang dirilis minggu lalu menyebabkan para trader menarik kembali ekspektasi kecepatan pelonggaran moneter di tahun ini.

Nah, suku bunga yang lebih tinggi biasanya berdampak negatif bagi logam mulia yang tidak memberikan imbal hasil.

Menurut tim riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange (ICDX) dalam Gold Daily Newsletter, Senin (18/3), data harga produsen dan konsumen AS yang lebih panas dari perkiraan, memaksa investor untuk memangkas taruhan mereka untuk pelonggaran kebijakan yang lebih agresif oleh Fed. Alhasil dollar dollar AS lebih bertenaga, sehingga melemahkan harga emas.

Baca Juga: Harga Emas Dunia Merugi Seminggu Ini, Emas Antam Melorot Rp 14.000

Meski begitu, emas batangan masih di dekat rekor tertingginya yang hampir mencapai US$ 2.200 per troi ons pada awal Maret. Kala itu harga emas melejit terpicu oleh Ketua Fed Jerome Powell yang memberi sinyal bahwa bank sentral hampir memiliki kepercayaan diri untuk menurunkan suku bunga. Selain juga, tensi geopolitik yang panas melambungkan pamor safe haven.  

ICDX memperkirakan, saat ini, support harga emas beralih ke area US$ 2.134 per troi ons, dengan resistance terdekat di area US$ 2.168 per troi ons.  

Di dalam negeri, harga emas Antam hari ini bergeming. Mengutip logammulia.com, emas Antam pecahan 1 gram stagnan di level Rp 1,193 juta. Seminggu lalu, harga logam mulia Antam sudah terpangkas senilai Rp 15.000.

Sejalan dengan itu, harga beli kembali alias buyback emas Antam juga stabil di level Rp 1,085 juta per gram. Ini adalah acuan harga apabila Moms melego emas Antam pada hari ini.

Harga emas Antam akan rentan tergelincir apabila harga emas dunia ditutup melemah pada sesi perdagangan hari ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News